Cinta Laura Kiehl (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Cerita Cinta Laura Garap Versi Remix Single Oh Baby

22 May 2022   |   23:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Aktris sekaligus penyanyi Cinta Laura Kiehl kembali menggandeng komposer Eka Gustiwana merilis lagu bergenre house music. Bukan menghadirkan lagu baru, Cinta mengaransemen ulang lagu Oh Baby yang sempat tenar pada 2008 silam dengan menghadirkan aransemen yang lebih segar.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Senin (23/5/2022), Cinta mengatakan bahwa keinginan membuat versi remix dari lagu Oh Baby sudah direncanakan sejak awal 2021 lalu. Saat itu, Cinta sedang melakukan workshop di studio Eka, dan dia mengaku seketika ide tersebut muncul begitu saja.

“Aku bilang ke Eka, lucu kali ya kalau kita bikin remix Oh Baby. Tapi, aransemennya harus kekinian dan disesuaikan dengan suara aku sekarang,” kata Cinta.

Untuk diketahui, Oh Baby merupakan single pertama Cinta Laura yang dirilis pada 2008 silam bersamaan dengan peluncuran filmnya dengan judul yang sama. Mengusung genre pop-beat, lagu ini tenar di pasaran dan menjadi hit di berbagai media massa mulai dari televisi, radio maupun digital. Lagu orisinal Oh Baby diciptakan oleh Syfha Ramadan dan diaransemen oleh DJ Sumantri.
 

b

Artwork single Oh Baby versi remix (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Cinta menuturkan bahwa proses penggarapan single remix Oh Baby dimulai pada Juli 2021. Saat itu, dia dan Eka mencoba membuat empat aransemen berbeda sekaligus untuk dalam menggarap lagu tersebut mulai dari pop, disko 80-an, house music, dan trance.

“Awalnya, aku bilang ke Eka untuk pakai nuansa ala 80-an. Tapi, saat aku dengar, sepertinya bukan ini yang aku inginkan. Akhirnya, proyek itu kami tunda dulu,” ungkap artis berusia 28 tahun itu.

Baca juga: Gaet Eka Gustiwana, Cinta Laura Rilis Versi Remix Single Oh Baby

Meski sempat tertunda, proyek lagu tersebut berlanjut kembali. Saat bertemu produser Screenplay Films dalam rangka mengerjakan sebuah web series baru berjudul Daniel dan Nicolette, Cinta pun mencoba mengajukan ide untuk memakai single Oh Baby sebagai soundtrack serial tersebut namun dengan genre yang diubah menjadi electronic dance music (EDM).

“Pak Wicky selaku produser Screenplay Films menyambut baik ideku dan aku pun segera menghubungi Eka. Enggak sangka, mimpi kami akhirnya terwujud juga. Jujur, ini tantangan bagiku, tapi juga sangat menyenangkan,” ungkap perempuan kelahiran Jerman itu.

Selain berkolaborasi dengan Eka, untuk pengarah vokal, Cinta juga dibantu sahabat baiknya, Kamga. Sering bekerja sama dalam berbagai proyek, membuat Kamga mengerti vokal seperti apa yang diinginkan oleh Cinta untuk versi remix single Oh Baby.

“Kamga sangat paham bahwa saat membuat karya, aku ingin karya itu tidak hanya terdengar percaya diri dan seksi, tapi juga enak didengar dan bisa diterima. Kemampuan musiknya luar biasa. Aku seperti merasa punya dream team dengan Eka yang bisa memahami vibe dan aransemen keinginanku serta Kamga yang bisa mengeluarkan kemampuan unikku saat rekaman,” ungkap Cinta.

Meski memiliki tim yang solid, Cinta tidak memungkiri bahwa ada kendala saat mengerjakan remix Oh Baby, terutama terkait dari segi waktu. Cinta mengatakan proses pengerjaannya sempat mengalami penundaan sejak dimulai pada Juli 2021. Selain karena memutuskan untuk fokus terlebih dulu menggarap single-single lain, jadwal Cinta pada tahun itu pun sangat padat.

Saat akhirnya dikerjakan, rupanya aransemen yang dibuat Eka kurang sesuai dengan mood dan emosi yang diinginkan Cinta karena menurutnya masih terlalu jazzy dan ngepop. Akhirnya, diputuskanlah untuk merombak ulang seluruh aransemen dari awal.

“Waktu kami sangat terbatas. Hanya ada satu hari untuk aransemen dan rekaman vokal. Karena aransemen awal yang diberikan Eka padaku terasa kurang pas, akhirnya saat bertemu di studio, kami putuskan memulai aransemen baru dari nol. Aku membantu Eka dengan memberitahukan emosi seperti apa yang aku inginkan ada di lagu ini,” kata Cinta.

Selain itu, Cinta juga mengaku vokal pada Oh Baby terbilang cukup sulit karena butuh banyak pecahan suara agar lagunya lebih terasa ‘hidup’. “Setelah pondasi aransemennya jadi, kami baru mulai rekaman. Untungnya, karena Kamga pandai dalam mencari suara-suara backup, rekaman bisa selesai hanya dalam waktu tiga jam,” imbuh Cinta.

Cinta pun mengatakan bahwa ada beberapa notasi yang diubah sedikit dalam lagu tersebut agar versi terbaru ini terdengar lebih segar, terutama pada bagian reff-nya. “Kalau dulu aku menyanyikannya dengan suara falsetto, sekarang aku pakai suara asli dan vibe-nya jadi terasa lebih ‘putus asa untuk mendapatkan cinta’,” ungkapnya.

 


Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

FLAVS FESTIVAL Rilis Dokumenter Start From Scratch, Jatuh Bangun Industri Musik Kala Pandemi

BERIKUTNYA

Kisah Jennifer Walters dalam Trailer Terbaru Serial She-Hulk: Attorney at Law

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: