CLC. (Sumber gambar: Cube Entertainment)

Cube Entertainment Resmi Bubarkan CLC mulai Juni 2022

20 May 2022   |   19:44 WIB

Setelah tidak adanya konfirmasi resmi sejak November 2021, kini agensi CLC, Cube Entertainment mengumumkan bahwa girl group dengan tujuh anggota itu resmi bubar mulai Juni 2022. Kabar ini merupakan perkembangan terbaru setelah Seungyeon dan Yeeun meninggalkan agensi pada Maret 2022.

Dalam pernyataan resminya, Jumat (20/05/2022), Cube Entertainment mengucapkan terima kasih atas dukungan para penggemar kepada CLC yang sudah berkarier selama tujuh tahun dan seluruh platform komunikasi dari agensi seperti CLC U CUBE akan dihentikan secara bertahap.
 
"Kami ingin menginformasikan bahwa operasi CLC U CUBE akan dihentikan pada 6 Juni 2022 pukul 00.00 KST (5 Juni 2022 pukul 22.00 WIB) dan masih berjalan hingga 5 Juni 2022 pukul 11.59 KST (pukul 21.59 WIB). Mohon pahami Anda tidak bisa mengakses CLC U CUBE setelah tanggal tersebut," tulis agensi.

Saat ini, CLC U CUBE masih bisa diakses untuk membaca dan mengunduh semua data maupun tulisan yang ada dalam situs tersebut, tapi tidak bisa membuat unggahan tersebut mulai hari ini. Tidak hanya itu, Cube Entertainment juga mengucapkan akan mendukung kegiatan ketujuh anggotanya yang akan memulai karier baru di jalurnya masing-masing.

Baca juga: Susul Elkie, Giliran Sorn Undur Diri dari CLC & Cube Entertainment

CLC merupakan girl group kedua dari Cube Entertainment yang debut pada 2015 dengan lima anggota: Seunghee, Yujin, Seungyeon, Sorn, dan Yeeun. Debut dengan album mini/EP First Love, CLC kemudian menambah dua anggota yaitu Elkie dan Eunbin pada Februari 2016 saat produksi album mini ketiga Refresh.

Pada 2017, grup ini mulai dikenal dalam skala internasional setelah lagu Hobgoblin dan album mini kelima Crystyle masuk ke tangga lagu Billboard. Albumnya masuk ke Billboard World Albums sedangkan lagunya masuk ke World Digital Song Sales. Setelahnya, beberapa lagu seperti Black Dress, No, dan Devil mulai populer di kalangan publik.

Rilisan terakhir dari CLC adalah single Helicopter pada September 2020. Setelah itu, CLC mulai mengalami masalah seperti gugatan pemutusan kontrak dari Elkie sejak Desember 2020 akibat pembayaran gaji yang tidak dijalankan dan tidak adanya dukungan perkembangan untuk CLC dari agensi.
 

Ketidakpastian status CLC sebagai grup mulai terlihat setelah Yujin, yang bergabung ke kompetisi Girls Planet 999 pada Juni 2021, mengatakan bahwa CLC tidak akan beraktivitas sebagai grup dalam sebuah wawancara individu dalam program tersebut.

"Perusahaan mengatakan bahwa tim [CLC] telah diberhentikan," tuturnya dalam episode kedua dari Girls Planet 999.

Ini kemudian semakin diperkuat dengan hengkangnya Sorn dari CLC pada November 2021, lalu dilanjutkan dengan Seungyeon dan Yeeun pada tahun ini. Setelahnya, CLC hanya menyisakan Seunghee, Yujin, dan Eunbin tanpa ada kejelasan mengenai status kontrak eksklusif mereka hingga saat ini.

Dengan rilisnya kabar ini, Cube Entertainment tidak memberikan kejelasan status kontak dan kelanjutan dari aktivitas tiga anggota yang belum meninggalkan agensi, terutama dengan Yujin yang masih beraktivitas sebagai anggota dan leader dari girl group Kep1er hingga beberapa tahun ke depan.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waspada Monkeypox! Simak Masa Inkubasi Virus, Gejala, dan Cara Mencegahnya

BERIKUTNYA

Tiga Atlet Ini Bagikan Momen Menarik di Balik Layar SEA Games ke-31 lewat TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: