Pemilik perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan anabul selama perjalanan di darat (Sumber gambar: Unsplash/Gary Samaha)

9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil

18 May 2022   |   15:08 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

6. Memberikan jeda dalam berkendara

Penting sekali untuk memberi jeda istirahat saat membawa anabul, Berhentilah sekitar 2-3 jam untuk membiarkan anabul keluar dari kandang untuk merenggangkan tubuhnya, pemberian makan dan snack, minum hingga buang air.
 

7. Hindari dehidrasi

Dehidrasi adalah musuh anabul. Jangan sampai anabul terkena heat stroke hanya karena kepanasan dan kurang minum selama perjalanan jauh.Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika melakukan perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh anabul. Pasang juga botol minuman di kandang sehingga anabul bisa minum kapan saja.
 

8. Siapkan mainan dan peralatan perjalanan

Jangan lupa mempersiapkan travel kit yang berisi obat-obatan, vitamin dan kotak P3K. Selain itu, bawa juga mainan yang disukai anabul sehingga dia merasa enjoy menghabiskan waktu selama di perjalanan.

Kemudian, periksa lagi bekal seperti makanan, tali pengikat, mangkuk, air, pampers, kantung sampah dan alat yang memberiskan kotoran dan bulu anabul. Hal lain yang kadang terlupa adalah dokumen-dokumen pendukung seperi surat imunisasi atau riwayat kesehatan anabul.
 

9. Cek akomodasi dan restoran

Tidak semua akomodasi atau restoran yang memperbolehkan tamu membawa hewan peliharaan. Jangan sampai sudah memesan hotel, kalian tidak bisa masuk dan perlu mencari akomodasi lain secara mendadak.

Kadang kita melihat anjing atau kucing yang ditinggalkan pemiliknya di dalam mobil. Memang dirasa hanya sebentar seperti makan di restoran, namun lebih baik tidak meninggalkan hewan sendirian di mobil meski membuka jendela. Sama seperti manusia, anabul yang berada dalam mobil yang pengap dan panas akan membuatnya susah bernapas.

Mengutip Huffington Post, Hewan yang ditinggal di dalam mobil berisiko terkena heat stroke yang fatal. Hal ini karena temperatur pada mobil yang tertutup bisa meningkat cepat hanya dalam beberapa menit, bahkan pada hari cerah dan jendela yang sedikit terbuka. Oleh karena itu, sangat penting mencari tempat yang mengizinkan hewan peliharaan masuk.

Baca juga: Kenalan dengan Anjing Kintamani, Anjing dari Bali yang Mirip Anjing Jindo Korea

Bila perjalanan memakan waktu 3-7 hari, sebaiknya untuk menitipkan hewan peliharaan di tempat yang dipercaya atau vet, khususnya yang memiliki dokter hewan jaga.

Selain itu, bisa juga mengirim anabul lewat kargo. Dengan mengirimnya lewat kargo, hewan peliharaan bisa menjadi lebih nyaman dan mendapatkan penanganan yang tepat. Mau itu lewat udara atau darat.



Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Gemas! Yuk Simak Cara Memelihara Kura-kura yang Masih Kecil

BERIKUTNYA

Dewan Museum Internasional Gali Potensi Museum untuk Perubahan Positif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: