Permainan video gim Dandara (Sumber gambar: Steam)

Rekomendasi 5 Game Metroidvania yang Wajib Gamers Coba 

15 May 2022   |   14:54 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jangan ngaku penggemar atau pencinta gim (gamers) kalau kalian tidak tahu judul serial video gim Castlevania atau Metroid. Saking populernya dua seri ini, industri gim mengenal sub-genre yang dinamai sebagai Metroidvania. Seperti apa ya itu?

Metroidvania merupakan jenis permainan video gim aksi petualangan dengan desain gim dan mekanik yang mirip dengan dua judul seri kenamaan itu, yang identik dengan konsep side-scrolling dan unsur dunia besar untuk eksplorasi. 

Bagi kalian yang gemar dengan gim-gim seperti Castlevania dan Metroid, berikut ini adalah beberapa rekomendasi judul menarik dari Metroidvania yang wajib dicoba: 
 

1. Axiom Verge 2 

Axiom Verge merupakan salah satu waralaba video gim Metroidvania yang populer dan harus dicoba para penggemarnya. Gim pertamanya meluncur pada 2015 dan sekuelnya yakni Axiom Verge 2 rilis pada 2021. 

Gim yang dikembangkan oleh studio gim indie Thomas Happ Games ini menerapkan konsep yang sama dengan pendahulunya, aksi petualangan side scroller. Salah satu hal unik dari judul ini adalah kemampuannya menggunakan berbagai senjata untuk mengalahkan ragam musuh. 
 
 

2. Blasphemous 

Model gim seperti Castlevania dan Metroid sudah tidak bisa dipungkiri lagi populer di banyak negara. Tak ayal bila muncul judul seperti Blasphemous yang merupakan gim dari pengembang asal Spanyol, The Game Kitchen. 

Gim yang mulai dirilis pada 2019 ini menghadirkan dunia yang mengerikan tapi juga mempesona dengan banyak inspirasi dari citra Katolik Eropa zaman dahulu. Judul ini juga membawa banyak tema kematian dan kelahiran yang kental. 
 
 

3. Bloodstained: Ritual of the Night 

Gim gaya Metroidvania lain yang bisa masuk daftar untuk dimainkan adalah Bloodstained: Ritual of the Night yang dikembangkan oleh studio indie Jepang Artplay. Menariknya, pengembangan gim ini dipimpin oleh mantan produser dari seri Castlevania, Koji Igarashi. 

Igarashi membawa banyak konsep dan inspirasi dari gim sebelumnya ke judul yang dirilis pada 2019 ini. Tampilan istana atau kastel gotik yang disuguhkan terasa sangat familiar, tapi juga menghadirkan pembaruan dan cerita yang segar.
 
 

4. Dandara 

Gim Dandara yang dikembangkan BrasiLong Hat House dan diterbitkan Raw Fury merupakan entri yang lebih lama lagi. Pertama kali dirilis pada 2018 dengan mengambil konsep platformer dua dimensi. 

Satu hal yang menarik dari gim ini adalah alih-alih menerapkan aksi berlari atau melompat, gim ini menerapkan sistem tap yang memanfaatkan gravitasi untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat dan tempat lain. 
 
 

5. Dead Cells 

Dead Cells adalah entri Metroidvania dengan elemen roguelike dan soulslike yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Motion Twin. Gim ini disebut terinspirasi dari judul subgenre populer lainnya yakni The Binding of Isaac dari seri Souls. 

Apa yang menarik dari gim ini adalah pola permainan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai senjata, harta karun, dan berbagai kemampuan untuk melawan berbagai mayat hidup. Ada juga sistem mata uang dalam gim untuk meningkatkan atau membuka atau item tertentu. 
 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Coba Cek & Lakukan Hal Ini Kalau iPhone Terasa Lambat 

BERIKUTNYA

Hari Keluarga Internasional: Ini 8 Film yang Cocok Ditonton Bersama Famili

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: