Empat judul gim masuk dalam World Video Game Hall of Fame 2022 (Sumber gambar: The Strong National Museum of Play)

Ini Daftar Game Paling Berpengaruh di Dunia, Generasi 90an Pasti Tahu Salah Satunya

09 May 2022   |   15:47 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sejak 2015, industri gim memiliki ajang tahunan bernama World Video Game Hall of Fame. Kegiatan hall of fame internasional dengan tujuan untuk menyoroti video gim yang telah berdampak pada perkembangan industri video gim di dunia. 

Belum lama ini, The Strong National Museum of Play yang merupakan tuan rumah dari Hall of Fame, mengumumkan sejumlah judul video gim yang dilantik untuk tahun ini, 2022. Empat gim tersebut adalah Ms. Pac-Man, Dance Dance Revolution, The Legends of Zelda: Ocarina of Time, dan Sid Meier’s Civilization

“Keempat gim ikonik ini - yang telah memengaruhi budaya populer dan industri video gim – resmi bergabung dengan World Video Game Hall of Fame di The Strong National Museum of Play,” tulis penyelenggara. 

Empat judul video gim dari berbagai genre dan tahun rilis ini merepresentasikan sebuah nilai yang dianggap oleh penyelenggara telah memberikan dampak besar bagi perkembangan dunia video gim global. Kira-kira begini penilaian National Museum of Play terhadap judul-judul tersebut. 
 

1. Ms. Pac-Man

Gim yang dirilis oleh Midway pada 1981 dinilai mempromosikan dan memberi isyarat perluasan permainan video gim di seluruh gender, tidak hanya untuk kelompok laki-laki yang kala itu memang belum terlalu plural. 
 

2.Dance Dance Revolution

Gim besutan Konami yang dirilis pada 1998 ini dianggap telah menjadi unsur penting dalam revolusi dunia gim musik dengan menghadirkan permainan keseimbangan dan ketangkasan untuk mengikuti irama musik populer. Ini juga menjadi pembuka jalan bagi gim seperti Guitar Hero dan Rock Band. 
 

3. The Legend of Zelda: Ocarina of Time

Gim yang dirilis oleh Nintendo pada 1998 ini dinilai telah mendefinisikan apa yang kita kenal sekarang sebagai video gim aksi tiga dimensi (3D). Pada masanya, gim ini juga telah mendapatkan pengakuan dengan memenangkan sejumlah penghargaan Game of the Year.
 

4. Sid Meier’s Civilization

Gim yang dirilis pada 1991 ini merupakan salah satu gim simulasi dan strategi paling berpengaruh sepanjang masa. Dalam cakupan yang luas, gim ini juga mengundang pemain untuk mengembangkan kerajaan mereka sendiri, alih-alih menghancurkan sebagai persepsi umum video gim kala itu. 

Sebagai tambahan, angkatan (class) 2022 bergabung dengan 32 judul gim lain yang telah terlebih dahulu masuk dalam World Video Game Hall of Fame. Berikut ini adalah daftar lengkap judul gim tersebut:  
  1. Tetris 
  2. Super Mario Bros 
  3. Pac-Man 
  4. World of Warcraft 
  5. Doom 
  6. Pong 
  7. Grand Theft Auto 3 
  8. The Oregon Trail 
  9. The Legends of Zelda 
  10. The Sims 
  11. Sonic the Hedgehog 
  12. Space Invaders 
  13. Halo: Combat Evolved 
  14. Street Fighter 2 
  15. Donkey Kong 
  16. Pokemon Red and Green 
  17. Tomb Raider 
  18. Spacewar! 
  19. John Madden Football 
  20. Final Fantasy 7 
  21. Super Mario Kart 
  22. Mortal Kombat 
  23. Microsoft Solitaire 
  24. Colossal Cave Adventure 
  25. Minecraft 
  26. King’s Quest 
  27. Centipede 
  28. Bejeweled 
  29. Where in the World is Carmen Sandiego 
  30. StarCraft 
  31. Microsoft Flight Simulator 
  32. Animal Crossing 

Editor : 

SEBELUMNYA

Glitch Mode Selesai, NCT Dream Comeback Lagi dengan Album Repackage Beatbox

BERIKUTNYA

PPKM Berlanjut, WFH Tetap Diberlakukan 2 Pekan Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: