The Pink Star Diamond. (Dok. Sotheby's)

8 Cincin Berlian Termahal di Dunia

21 February 2022   |   13:50 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Selama beberapa dekade terakhir, harga berlian dan permata langka lainnya terus meroket. Tampaknya tidak ada batasan berapa harga yang bisa dibayar seseorang. Pembeli rela mengeluarkan uang puluhan juta dolar untuk mengoleksi perhiasan dengan berlian dan persaingan makin ketat. 

Menerima cincin berlian, apapun kesempatannya, adalah sesuatu yang luar biasa. Terbuat dari batu mulia, berlian cantik ini bisa dijual dengan kisaran harga antara US$100 hingga lebih dari US$1 juta.

Koleksi cincin fantastis ini memiliki sejarah yang tiada duanya, mulai dari bagaimana mereka diubah hingga siapa pemiliknya sekarang. Ini menambah betapa uniknya mereka.

Berikut adalah beberapa cincin berlian paling langka dan termahal di dunia.
 

1. Pink Star Diamond Ring

 

Sejauh ini, Pink Star Diamond Ring adalah salah satu cincin berlian termahal yang pernah dibeli seseorang. Data pemilik cincin itu tidak diketahui, tetapi menurut informasi dari rumah lelang Sotheby's, cincin itu awalnya dilelang dengan harga US$61 juta dan, setelah perang penawaran dan biaya komisi, totalnya menjadi US$83 juta.

Cincin cantik ini menampilkan berlian bintang merah muda yang dianggap sebagai salah satu yang paling dicari di dunia. Pada tahun 1999 batu mulia ini ditemukan di Afrika, dan selama dua tahun, batu itu dipoles, dipotong, dan dibentuk menjadi berlian yang indah seperti sekarang ini dengan 59,6 karat.
 

2. Wittelsbach-Graff Diamond

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jewel Struck (@jewel.struck)


Berada di urutan kedua, cincin berlian senilai US$80 juta ini pernah dimiliki oleh Philip IV dari Spanyol sebelum sampai ke tangan keluarga Wittelsbach. Dengan berat 31,06 karat, berlian ini berwarna biru tua yang indah. Awalnya ditemukan di India pada tahun 1600-an, dan Laurence Graff adalah pembuat perhiasan yang memoles berlian teresbut menjadi cincin berlian indah. Ini jelas merupakan salah satu cincin berlian termahal di dunia.
 

3. Oppenheimer Blue Diamond Ring

 

Sebagai salah satu berlian biru terbesar yang pernah dijual di lelang, cincin ini dinamai dari tokoh Sir Philip Oppenheimer. Cincin ini dibeli seharga US$57,5 juta, beratnya 14,2 karat dan memiliki dua berlian putih berpotongan trapeze yang ditempatkan di pita platinum yang menakjubkan. Keluarga Oppenheimer, pemilik De Beers Mining Company, menemukan berlian yang pada akhirnya menjadi salah satu cincin berlian termahal di dunia, di Afrika Selatan pada 1990-an.
 

4. The Graff Pink Diamond Ring

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @iloveexpensivethingsdaily


Dikenal sebagai The King of Diamonds, Laurence Graff adalah pemilik cincin ini sebelum dilelang di Hong Kong pada tahun 2010. Dengan frame platinum, cincin itu dihiasi dua berlian putih berbentuk perisai dan beratnya 24,78 karat. Cincin berlian ini dijual di lelang dengan harga US$46,2 juta dan diperkirakan akan tetap berada di puncak daftar cincin berlian termahal untuk beberapa waktu.
 

5. Cullinan Dream

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Christie's (@christiesinc)


Ditemukan awalnya di Tambang Berlian Petra Cullinan, cincin berlian itu dijual di lelang di New York pada 2016 seharga US$25,4 juta. Dengan ukuran 10 karat lebih besar dari Oppenheimer Blue, cincin ini disematkan dalam platinum dengan batu samping berpotongan baguette. Ini adalah salah satu berlian biru paling indah yang pernah muncul di lelang.
 

6. The Winston Blue Diamond Ring

 

Berlian dengan nama yang diambil dari Harry Winston yang terkenal, berlian biru ini dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Cincin berlian senilai US$23,8 juta ini beratnya 13,22 karat dan dibuat dalam bentuk tear drop. Tidak hanya itu, bukan hanya batu permatanya yang terbuat dari berlian, rangka cincin pun merupakan berlian yang dipahat.
 

7. Perfect Pink Diamond Ring

 

Perfect Pink Diamond Ring. (Dok. Christie

Perfect Pink Diamond Ring. (Dok. Christie's)


Pada tahun 2015, rumah lelang Christie menjual cincin berlian Perfect Pink sehargaUS $23,2 juta. Cincin berlian merah muda adalah cincin yang paling populer dibeli sebagai cincin pertunangan. Berlian itu memiliki berat 14,23 karat, dengan cincin yang terbuat dari platinum dan emas, berbobot 1,73 karat. 


8. The Bulgari Blue Diamond

 

Cincin lain yang dijual di lelang Christie adalah Bulgari Blue Diamond. Apa yang membuat cincin ini unik adalah berliannya yang sempurna, dan dipasang pada pita dengan berlian yang lebih kecil. Pembeli yang akhirnya membeli berlian seharga US$18,3 juta itu menjaga identitasnya tetap anonim.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lakukan Ini Agar Lebih Percaya Diri saat Perkenalan Wawancara Kerja

BERIKUTNYA

Ini Loh Perbedaan Kamera iPhone 13 & iPhone 12

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: