Ilustrasi acara di luar ruangan. (Dok. Ben Rosett dari Unsplash)

10 Tips Merancang Lamaran Berkonsep Taman ala Lesti Kejora & Rizky Billar

14 June 2021   |   12:11 WIB

Venue acara di luar ruangan dengan konsep taman atau garden party biasanya identik dengan pernikahan atau perayaan hari jadi (anniversary) pernikahan, di mana acara dengan konsep ini menghadirkan pemandangan alam yang lebih menarik dibandingkan dengan pernikahan di dalam ruangan.

Tapi konsep ini juga bisa diterapkan ketika ingin melakukan proses lamaran yang mewah, lho! Meski enggak mengundang banyak tamu seperti saat pernikahan, tapi lamaran juga jadi momentum untuk mempersiapkan Genhype dan pasangan ke tahapan yang berikutnya.

Sebelum menggelar acara di luar ruangan, ada baiknya Genhype simak beberapa tips persiapan dan perencanaan berikut ini yuk!

1. Tenda
Tenda adalah perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk menggelar acara pertunangan maupun acara lainnya di luar ruangan. 

Meski opsi ini bisa tidak digunakan untuk konsep garden perty yang lebih terbuka, tapi enggak salah untuk coba mulai mempersiapkan tenda karena dengan kondisi cuaca yang tidak menentu membuat Genhype dan pasangan harus mempersiapkan perencanaan alternatif.

Jangan lupa juga, jika sudah memutuskan untuk menggunakan tenda, pastikan Genhype dan pasangan berdiskusi dengan pihak penyewa tenda atau pihak terkait dekorasi supaya tendanya bisa sesuai dengan tema.

2. Dekorasi tambahan
Tak hanya sekadar tenda, dekorasi tambahan juga diperlukan untuk mempercantik tenda beserta dengan keseluruhan lokasi acara di luar ruangan. Genhype dan pasangan juga harus mulai mempersiapkan biaya dan daftar prioritas sesuai dengan kebutuhan kalian beserta dengan ketentuan-ketentuannya.

Tak lupa juga untuk melakukan proses booking saat beberapa hari sebelum acara, hari acara dan sehari setelah acara untuk mengantisipasi kebutuhan akan waktu tambahan dalam proses pemasanagan dan pelepasan dekorasi beserta dengan proses tambahan seperti penyemprotan cairan pembasmi serangga.

3. Buat tempat menjadi lebih nyaman dan menarik
Selain dekorasi, ada pun hal tambahan yang harus diperhatikan adalah furnitur yang digunakan di dalam lokasi, di mana menambahkan bantal cushion dan memilih meja yang lebih kecil untuk para tamu bisa menjadi opsi menarik yang bisa Genhype dan pasangan coba.

Di saat yang sama, jangan lupa juga untuk mengatur jalur, tatanan letak barang-barang, dan jarak di dalam lokasi supaya bisa memberikan kenyamanan saat acara apalagi dengan kondisi kenormalan baru seperti saat ini.

4. Atur suasana dengan pencahayaan yang ciamik
Pencahayaan bisa memengaruhi suasana yang dibangun di dalam lokasi acara, sehingga penting buat Genhype dan pasangan untuk menentukan seperti apa lampu yang akan digunakan. Pencahayaan yang menarik dan tersebar di beberapa lokasi bisa mempermudah tamu untuk mengeksplor seklaligus mencari jalan ke toilet atau masuk-keluar lokasi.

Pastikan pencahayaan yang digunakan stabil sampai selesai acara ya!

5. Manfaatkan pemandangan alami
Kelebihan yang ditawarkan pada acara di luar ruangan, terutama dengan konsep garden party, adalah pemandangan alami yang enggak bisa didapatkan jika melakukan acara di dalam ruangan.

Untuk bisa menghasilkan suasana yang semakin alami, coba gunakan berbagai elemen yang memperkuat unsur tersebut, misalnya dengan menggunakan pemandangan pohon-pohonan dan tanaman bunga sebagai latar belakang tempat foto-foto atau berikan unsur tanaman dan ranting pada meja tamu.

6. Hindari tamu tak diundang
Serangga adalah hal yang tentu dihindari untuk berbagai acara, apalagi untuk acara di luar ruangan, sehingga sangat penting untuk melakukan tindakan preventif dengan membasmi hama serta menggunakan lilin yang bisa mengusir serangga.

7. Siapkan perlengkapan tambahan
Meski sudah ada tenda dan beberapa perlengkapan lain yang bisa membantu mempersiapkan diri dari situasi yang tidak terduga, tapi Genhype dan pasangan perlu juga mempersiapkan hal-hal yang lebih kecil seperti payung, selimut hangat, atau penghangat sewaktu-waktu terjadi perubahan suhu yang dingin.

8. Sesuaikan menu makanan dengan konsep acara
Berbeda dengan acara di dalam ruangan, Genhype dan pasangan bisa merencanakan dan bereksperimen dengan variasi menu makanan yang dihidangkan kepada tamu.

Variasi menu makanan yang bisa dicoba adalah adanya menu bakaran atau barbeque hingga minuman segar seperti jus lemon (lemonade) dan minuman nonalkohol lainnya.

Genhype dan pasangan juga enggak boleh lupa untuk berkomunikasi dengan pihak katering terkait dengan persiapan makanan, cara menghidangkan makanan, hingga kebutuhan tambahan untuk menghidangkan makanan seperti listrik dan tenda terpisah.

9. Sesuaikan musik dengan konsep acara
Musik dalam suatu acara merupakan hal yang penting dan memengaruhi impresi tamu terhadap keseluruhan acara karena kehadiran musik bisa membangun suasana nyaman dan membangun kesan tersendiri.

Genhype dan pasangan bisa berdiskusi dengan wedding organizer atau event organizer tentang pemilihan musik dan penampil yang sesuai dengan konsep termasuk dengan tempat mereka menampilkan dan kebutuhan lainnya.

10. Sediakan kebutuhan utama
Mempersiapkan lokasi yang sesuai juga tak lepas dari kebutuhan utama yang wajib disediakan penyelenggara acara seperti toilet dan tempat menyusui. Tapi, kebutuhan utama lainnya yang juga wajib disediakan Genhype dan pasangan sebagai penyelenggara adalah beberapa perlengkapan lainnya seperti sabun dan handuk eksklusif.

Enggak hanya itu, di masa kenormalan baru Genhype dan pasangan juga wajib untuk merencanakan lokasi dan ketersediaan toilet agar bisa mengakomodasi para tamu yang hadir.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Grup K-Pop Avatar seperti Aespa & Eternity Tuai Kontroversi

BERIKUTNYA

Square Enix Umumkan Pixel Remaster Series Untuk Game Final Fantasy I-VI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: