Taman Nasional Baluran (Sumber gambar: Taman Nasional Baluran/Instagram)

Ini 5 Destinasi Ekowisata di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

05 May 2022   |   06:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Punti Kayu Palembang

Sebagai penyumbang oksigen alami terbesar di Palembang, kawasan Punti Kayu menjadi salah satu destinasi wisata dengan konsep sustainable tourism yang menarik untuk dikunjungi. Di Punti Kayu terdapat deretan pohon pinus dan berbagai flora, seperti mahoni, talog, hingga akasia.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat berbagai macam fauna unik dan langka di Punti Kayu seperti kera ekor panjang, beruk, tupai, biawak, musang, hingga berbagai serangga langka yang belum diberi nama.

Tak hanya itu saja, bagi wisatawan yang berkunjung juga bisa belajar sambil berwisata, karena wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan satwa, belajar menanam bibit pohon, hingga menikmati berbagai permainan yang menarik di Punti Kayu.
 

Wisata foto di bawah air di Umbul Ponggok (Sumber gambar: Umbul Ponggok/Instagram)

Wisata foto di bawah air di Umbul Ponggok (Sumber gambar: Umbul Ponggok/Instagram)


5. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah salah satu contoh destinasi sustainable tourism yang cukup unik dan menarik perhatian wisatawan untuk berlibur ke Klaten, Jawa Tengah. Konsep sustainable tourism yang ada di Umbul Ponggok yakni pengelolaan berkelanjutan atau bisnis pariwisata.

Sejak awal, tempat wisata yang berlokasi di Desa Ponggok ini memiliki potensi sumber air yang melimpah. Hal tersebut mendorong masyarakat memanfaatkan sumber daya air yang biasanya hanya digunakan sebagai irigasi sawah menjadi atraksi wisata, berupa latihan menyelam, berswafoto di dalam air, hingga snorkeling.

Masyarakat lokal pun terjun langsung untuk mengelola Umbul Ponggok destinasi wisata yang kian dikenal masyarakat luas. Dengan dukungan penuh masyarakat yang terlibat dalam memanfaatkan potensi alam yang dimilikinya, menjadikan Umbul Ponggok sebagai salah satu destinasi wisata dengan penghasilan tinggi, yakni mencapai Rp 4 miliar/tahun.


Editor: Roni Yunianto 
 
1
2


SEBELUMNYA

Ini Oleh-oleh Yang Bisa Jadi Pilihan Saat Kembali dari Kampung Halaman

BERIKUTNYA

Ramai Gara-Gara Foto Profil Instagram, Pak Tarno Sapa Balik Anderson Paak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: