Ilustrasi tunik. (Sumber gambar: Unsplash)

Punya Baju Tunik? Ini 4 Kiat untuk Padu Padannya

02 May 2022   |   09:49 WIB

Tunik adalah salah satu jenis pakaian yang fleksibel untuk berbagai acara. Biasanya, tunik identik dengan panjangnya yang mencapai paha atau panggul serta siluetnya yang cenderung longgar sehingga cocok sebagai salah satu pakaian dalam fesyen modest.

Meski tunik identik dengan padu padan yang membosankan dan sulit dikombinasikan karena menyerupai gaun, ternyata ada empat tips dasar untuk memadupadankan tunik agar tidak membosankan dan tetap fleksibel. Yuk simak 4 caranya!


1. Pakai celana panjang

Karena bentuk siluet dari tunik yang sudah longgar, maka penggunaan celana yang menunjukkan bentuk kaki seperti legging, skinny jeans, dan celana bersiluet slim fit bisa jadi pilihan. Penggunaan celana bersiluet slim fit atau ketat bisa menyeimbangkan bentuk siluet dari tunik yang longgar.

Meski penggunaan celana slim atau legging cukup disarankan untuk tunik, penggunaan celana bentuk lain seperti celana wide-leg dan jins high-rise bisa jadi cara alternatif. Akan tetapi, tunik yang lebih direkomendasikan untuk celana ini adalah tunik yang tidak terlalu panjang.

Tidak hanya itu, kombinasi antara pakaian dengan pola atau motif dengan polosan bisa dimanfaatkan dari kombinasi celana dan tunik. Misalnya, tunik berpola bisa dikombinasikan dengan celana polos.


2. Gunakan luaran

Untuk memaksimalkan penggunaan tunik, luaran bisa jadi aksesoris yang melengkapi penampilan. Beberapa aksesoris dan luaran yang bisa digunakan adalah syal, kardigan, sweater, dan jaket yang disesuaikan dengan cuaca dan jenis tunik yang digunakan.

Contohnya adalah tunik tanpa lengan atau tunik pendek bisa dikombinasikan dengan jaket atau kardigan serta penggunaan syal pada tunik bisa memberikan kesan hangat.


3. Tambahkan ikat pinggang

Ikat pinggang bisa membentuk kesan tertentu pada penampilan, di mana siluet tubuh bisa terbentuk secara cepat dengan menggunakan aksesoris ini. Tidak hanya itu, ikat pinggang bisa memberikan kesan yang lebih profesional dan lebih formal dengan tunik yang memiliki desain seperti pakaian kantoran.


4. Pakai sepatu sesuai acara

Tunik bisa dikombinasikan dengan berbagai macam sepatu, mulai dari sepatu kets, sepatu flats, hingga sepatu hak tinggi. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan acara dan jenis pakaian, di mana sepatu kets bisa digunakan untuk gaya kasual, sedangkan sepatu hak tinggi (bervariasi dari pumps, stiletto, hingga chunky) bisa digunakan untuk acara yang lebih formal dan profesional.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tayang Mei, Tiket Pra-jual 'Doctor Strange in the Multiverse Madness' Ludes di AS

BERIKUTNYA

6 Cara Padu Padan Pakaian Hitam yang Tidak Membosankan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: