Tradisi perang topat atau perang ketupat di Lombok, NTB (Sumber gambar: Pemkab Lombok Barat)

Ragam Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

02 May 2022   |   14:52 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari raya Lebaran Idulfitri merupakan momen besar bagi masyarakat muslim dan umum di Indonesia. Hari peringatan keagamaan ini juga tidak lepas dari unsur-unsur kebudayaan yang ada di berbagai wilayah di Tanah Air. 

Untuk memeriahkan dan meramaikan hari kemenangan ini, warga melakukan sejumlah aktivitas yang telah menjadi tradisi. Hypeabis.id, merangkum sejumlah tradisi unik Lebaran yang ada di beberapa daerah di Indonesia :


1. Tradisi Baraan, Provinsi Riau 

Warga di wilayah Bengkalis, Provinsi Riau punya tradisi unik untuk merayakan Idulfitri yaitu Baraan. Ini adalah aktivitas saling mengunjungi tetangga secara ramai-ramai saat memasuki bulan Syawal. Dalam perayaan ini, semua rumah di Dusun akan mendapat giliran untuk dikunjungi. 


2. Tradisi Tari Topeng Muaro, Jambi 

Hiburan Tari Topeng Muaro digelar pada setiap momen Idulfitri di Desa Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Topeng dari labu manus tua berkulit keras dihias menggunakan cat berbagai warna dan ujik ditelakkan di atas topeng menyerupai rambut. Tradisi ini merupakan bagian dari sejarah perjuangan masyarakat setempat sejak zaman kolonial.


3. Meugang, Aceh 

Meugang atau Makmeugang merupakan tradisi menyembelih hewan sapu atau kambing yang dilaksanakan pada hari-hari besar agama Islam di Provinsi Aceh, salah satunya adalah Idulfitri. Pemotongan ini biasanya dilakukan satu atau dua hari sebelum Lebaran untuk dibagikan kepada masyarakat, sehingga mereka bisa menikmati santapan daging pada hari raya.


4. Bakar Gunung, Bengkulu 

Bakar Gunung Api merupakan tradisi menyambut Lebaran yang dilakukan oleh masyarakat Bengkulu. Pada malam menjelang Idulfitri, warga akan menyusun batok kelapa secara vertikal atau menjung keatas kemudian membakarnya. Ini menjadi simbol rasa syukur kepada tuhan dan menjadi doa bagi para leluhur.


5. Perang Topat, Nusa Tenggara Barat 

Tepat pada perayaan hari Lebaran, masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan mengadakan sebuah tradisi yang dinamai Perang Topat atau Perang Ketupat. Warga akan saling melempar ketupat di wilayah Pantai Tanjung Karang dan Pantai Bintaro. Aksi ‘perang’ yang dilakukan menjadi simbol kerukunan warga.


6. Tumbilotohe, Gorontalo 

Tumbilotohe merupakan salah satu perayaan Lebaran unik dari warga di wilayah Gorontalo, di mana mereka akan memasang lampu di halaman rumah penduduk dan di jalan utama menuju masjid mulai waktu magrib hingga menjelang subuh, sekitar 3 hari sebelum hari raya Idulfitri. 


7. Festival Meriam Karbit, Kalimantan Barat 

Tradisi unik menyambut Lebaran dari warga Pontianak, Kalimantan Barat adalah mengadakan festival Meriam Karbit di wilayah pesisir sungai kapuas. Acara yang berlangsung sehari sebelum, saat, dan setelah Lebaran ini akan menampilkan deretan meriam di sepanjang tepian sungai. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Malam Takbir

BERIKUTNYA

Cukup Pakai Smartphone, Ini Kiat Foto Keluarga di Momen Lebaran 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: