Pelancong dari Jabodetabek dengan tujuan seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung (sumber gambar : DAMRI)

Jumlah Pelancong dengan Bus DAMRI Melonjak 100 Persen

29 April 2022   |   19:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan Umum DAMRI mencatat jumlah pelancong yang melakukan perjalanan dengan bus DAMRI meningkat 100 persen dari awal April hingga H-3 Lebaran 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. 

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan pelancong yang melakukan pemesanan tiket mudik dari awal April hingga 29 April 2022 mencapai lebih dari 70.000 orang. Paling banyak pelancong mengambil jadwal perjalanan pada 28-29 April 2022. 
 
"Dengan jumlah rute perjalanan dari Jabodetabek menuju wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung," katanya. 

Dia menuturkan perusahaan telah melakukan berbagai persiapan mulai dari kegiatan rampcheck armada hingga pemantauan posko di beberapa wilayah meliputi Jabodetabek, Lampung, Palembang, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang berlangsung pada 15 April - 15 Mei 2022. 

Persiapan-persiapan tersebut, lanjutnya untuk kelancaran operasional dan layanan selama periode angkutan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. 

Perusahaan memprediksi potensi lonjakan pelancong yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman pada 28-30 April 2022. Sementara lonjakan arus balik pelancong dari kampung halaman akan terjadi pada 5-7 Mei 2022. 

Dia menuturkan perusahaan berharap para pelancong dapat menggunakan angkutan umum DAMRI sebagai moda transportasi untuk pulang kampung mengingat perusahaan selalu mengedepankan protokol kesehatan. 

Untuk diketahui, survei Litbang Kementerian Perhubungan pada 22-31 Maret 2022 menunjukkan bahwa diperkirakan ada 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. 

Masih dalam survei tersebut, sebanyak 25,7 juta orang akan melakukan perjalanan dengan kendaraan umum angkutan darat. Adapun perinciannya adalah 14,1 juta orang dengan menggunakan bus, mobil sewa 6,7 juta orang, mobil travel 4,5 juta orang, dan taksi daring sebanyak 0,4 juta orang. 

Adapun pengguna kendaraan pribadi mencapai 39,8 juta orang dengan perincian 22,9 juta orang menggunakan kendaraan mobil pribadi dan 16,9 juta orang menggunakan sepeda motor. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Happy Salma dan Marsha Timothy Siap Pentaskan Inggit Garnasih: Tegak Setelah Ombak

BERIKUTNYA

Genhype, Kalian Bisa Pantau Arus Mudik Lewat Situs & Aplikasi CCTV Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: