Doctor Strange (Sumber gambar: Marvel Comic)

Berperan Penting di MCU, Yuk Kenalan dengan Doctor Strange

29 April 2022   |   15:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film sekuel Doctor Strange in the Multiverse of Madness segera tayang di bioskop pada 5 Mei 2022 mendatang. Sebagai lanjutan dari film pertama yang dirilis pada 2016, sekuel ini akan mengikuti kisah Doctor Strange dan sekutunya melakukan perjalanan ke multiverse untuk menghadapi musuh baru yang misterius.

Sebagai salah satu figur superhero paling populer di Marvel Cinematic Universe, Doctor Strange adalah karakter yang dikenal karena lanskap mistisnya yang surealistik dan visual yang semakin psikedelik. Sebagian dari Genhype mungkin baru mengenalnya dari film Avengers Infinity War serta Avengers Endgame di mana Doctor Strange memiliki peran penting.

Karakter Doctor Strange sendiri pertama kali diciptakan oleh penulis Stan Lee dan seniman Steve Ditko, sebagai superhero berkekuatan supernatural yang muncul di komik Marvel, Strange Tales, pada 1963. Memiliki nama lengkap Doctor Stephen Strange, dia adalah seorang dokter egois yang hanya peduli dengan kekayaan dan kariernya.

Namun, suatu saat di menemui karmanya dan mengalami kecelakaan mobil yang menghancurkan dan merusak saraf tangannya. Karena tidak dapat dipulihkan, hal itu pun merampas kemampuannya untuk berlatih operasi.

Strange akhirnya mengalami kebangkrutan setelah berusaha mengobati sakitnya yang tak kunjung pulih hingga putus asa. Akhirnya, dia pergi ke Tibet untuk menemui tabib legendaris bernama Ancient One. 

(Baca juga: Tayang 5 Mei, Intip Sinopsis Film Doctor Strange 2)
 

S

Sumber gambar: Marvel Comic

Meskipun Ancient One tidak dapat menyembuhkan tangan Strange, dia justru melihat potensi Strange sehingga menawarkan untuk mengajarkannya cara-cara sihir. Strange pun akhirnya menjadi murid Ancient One.

Di bawah pengawasan Ancient One, Strange berubah menjadi master seni mistik yang kuat. Dia mempelajari banyak mantra yang kuat dan melepaskan sifat keangkuhan dan materialisme yang pernah melekat padanya.

Terkesan dengan perkembangan Strange, Ancient One akhirnya mempercayakan muridnya itu untuk melindungi dunia dari ancaman mistik setelah dia menyelesaikan pelatihannya. Strange kembali ke kota New York, dan bertekad untuk memenuhi tugas barunya. Dia pun mendirikan Sanctum Sanctorum ditemani pelayan sekaligus temannya Wong, menawarkan jasanya sebagai "konsultan mistik" kepada orang-orang di New York.

Dia akhirnya mewarisi gelar Ancient One sebagai Penyihir Tertinggi Bumi dan telah terlibat dalam konflik dengan sejumlah musuh mistis yang kuat serta entitas mistik seperti Agamotto, Cyttorak, Ikonn, Oshtur, Raggadorr dan Watoomb.

Setelah muncul pertama kali di komik Strange Tales episode ke-110 pada 1963, kisah Doctor Strange pun berlanjut dalam beberapa episode Strange Tales selanjutnya yakni episode 126-127. Selain itu, Stranger juga muncul di komik Sorcerer Supremacy: Marvel Premiere pada 1973 di episode 4-10.

Kisah berlanjut pada komik Loki: Sorcerer Supreme (2017) Doctor Strange episode 381-385 dan The Death of Doctor Strange (2021) Death of Doctor Strange episode 1-5.

Doctor Strange pun akhirnya muncul dalam sejumlah serial televisi medio 1990-an dengan beberapa judul seperti Spider-Man and His Amazing Friends, seri animasi X-Men, dan serial Spider-Man: The Animated Series.

Selain itu, Doctor Strange juga diadaptasi menjadi film televisi live-action pada 1978 yang dibintangi oleh Peter Hooten. Lalu pada 2007, disuarakan oleh Bryce Johnson, film animasi direct-to-DVD berjudul Doctor Strange: The Sorcerer Supreme dirilis.

Karakter Doctor Strange pun akhirnya muncul di film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama kali pada 2016 yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch. Setelahnya, Strange juga muncul di beberapa film MCU lainnya seperti Thor: Ragnarok, Avenger: Infinity War, Avenger: Endgame, dan yang terbaru di Spider-Man No Way Home.

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

9 Rekomendasi Film tentang Kripto dan Bitcoin

BERIKUTNYA

Kiat Praktis Dekorasi & Menata Rumah Sambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: