Ilustrasi orang sedang melakukan pose yoga (dok. Pexels)

Mau Berat Badan Turun? Coba Pose Yoga Ini Yuk

22 July 2021   |   13:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu lagi berusaha menurunkan berat badan? Sudah coba berbagai cara termasuk diet namun belum berhasil? Jangan patah semangat dulu. Coba yoga saja yuk. Ada lho jenis dan pose olahraga tubuh dan pikiran ini yang mampu membantu menurunkan berat badan kita. 

Yoga adalah serangkaian latihan fisik, mental, dan spiritual yang membantu kita fokus pada napas dan merasa lebih terhubung dengan tubuh. Selain manfaat kesehatan mental dari yoga, latihan ini dapat meningkatkan fleksibilitas, memperkuat dan mengencangkan otot, serta meningkatkan mobilitas. 

Namun kata instruktur yoga bersertifikat Tom Johnson gaya yoga yang lebih menekankan koordinasi antara fisik, postur, dan napas seperti Vinyasa atau Bikram dapat menurunkan berat badan lebih cepat karena membakar lebih banyak kalori dan membangun lebih banyak otot. Bahkan hanya beberapa minggu latihan yoga secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan dan penurunan berat badan. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine pada 2013 menunjukkan program yoga 10 hari menghasilkan penurunan berat badan dan pengurangan risiko penyakit jantung pada pria yang kelebihan berat badan. Para pria dalam penelitian ini memiliki indeks massa tubuh (BMI) 26 atau lebih besar dan kehilangan rata-rata 1,9 kg berat badan.

Studi 2013 meneliti efek yoga restoratif pada wanita yang kelebihan berat badan dan menemukan mereka yang berpartisipasi dalam program yoga selama 48 minggu kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang berpartisipasi dalam program peregangan tetapi tidak yoga.

“Meskipun tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti jogging atau berjalan, yoga dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan, yang membantu menurunkan berat badan,” kata Johnson.

Latihan yoga secara teratur juga dapat meningkatkan kesadaran dan mengurangi stres, yang dapat membantu meningkatkan pilihan nutrisi dan berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat. Misalnya, yoga memungkinkan kamu untuk merasa lebih berhubungan dengan tubuh sendiri dan merespons isyarat lapar dengan lebih baik, atau memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang kebiasaan makan serta cara mengubahnya secara efektif.
 

Pose yoga suryanamaskar/Istimewa

Ilustrasi salah satu pose yoga/Istimewa


Berikut beberapa pose yoga yang bisa kamu coba di rumah :

1. Warrior two 

Buka kaki lebar-lebar kemudian arahkan kaki kanan 90 derajat ke kanan dan kaki kiri 10 hingga 15 derajat ke kanan juga. Lihat ke atas jari tengah kanan kamu sehingga kedua kaki kanan dan mata mengarah ke kanan. 

Rentangkan lengan dan tekuk lutut depan sehingga tepat di atas tumit depan. Pose ini dapat memperkuat dan membangun daya tahan pada kaki dan pinggul bagian luar.

2. Boat pose

Duduk di matras dan rentangkan kaki ke depan. Tekuk lutut dan angkat kaki dari lantai sehingga tulang kering kamu sejajar dengan lantai. Rentangkan lengan sehingga sejajar juga dan tahan selama 30 detik. Pose ini akan memperkuat fleksor pinggul dan otot perut kamu.

3. Plank

Mulailah dengan merangkak, lalu langkahkan kaki ke belakang dengan tumit terangkat. Perkuat melalui lengan seolah-olah kamu akan melakukan push-up. Libatkan telapak tangan dan tahan selama 30 detik. Pose ini membantu memperkuat otot tangan dan membakar lemak perut.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Hapus Sistem Daftar Tunggu, Clubhouse Bakal Terbuka Untuk Semua Orang

BERIKUTNYA

Wanita Ini Mulai Bisnis Hidroponik dari Nol hingga Sukses Raup Omzet Ratusan Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: