Dodol betawi umumnya dibuat sebagai camilan untuk pesta, bulan Ramadan, Idulfitri dan Idul Adha. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

9 Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Keluarga di Kampung

27 April 2022   |   18:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

5. Bir Pletok

Meski ada kata birnya, minuman khas masyarakat Betawi ini malah tidak mengandung bahan yang memabukkan. Sudah popular sejak zaman kolonial, minuman ini malah berguna untuk kesehatan karena terdiri dari ramuan 13 macam rempah yakni, jahe, jahe merah, sereh, kunyit, kayu secang, kayu manis, lada hitam, daun pandan, daun jeruk, biji pala, kapulaga, kembang lawang, serta cengkeh, ditambah gula dan garam.

Untuk memudahkan membawanya sebagai oleh-oleh, kini Bir Pletok dikemas dalam kemasan botol siap minum dan juga serbuk untuk kemasan yang lebih praktis dan tahan lama. 


6. Telor Gabus Keju

Camilan yang memiliki tekstur yang renyah, dengan rasa yang enak dan gurih ini sangat cocok dihidangkan saat Idulfitri atau dibagikan sebagai hampers lebaran. Selain itu, aman dibawa untuk perjalanan jauh.


7. Marguerite Nougat

Oleh-oleh khas Betawi ini dijamin bikin ketagihan karena memiliki rasa manis dan tekstur kenyal. Berbentuk seperti permen,  Marguerite Nougat terbuat dari madu atau gula dan kacang-kacangan, seperti pistachio, hazel, dan kenari.
 

Ondel ondel adalah ikon khas kota Jakarta, jadi miniatur ondel ondel adalah oleh-oleh yang pas untuk dibawa mudik. (Sumber gambar: Nurul Hidayat/Hypeabis)

Ondel ondel adalah ikon khas kota Jakarta, jadi miniatur ondel ondel adalah oleh-oleh yang pas untuk dibawa mudik. (Sumber gambar: Nurul Hidayat/Hypeabis)

8. Miniatur Maskot Kota

Cendera mata mudik tidak hanya berupa makanan atau minuman saja. Cendera mata seperti kerajinan juga bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh. Kalian pasti sering menemukan aneka miniator khas Jakarta seperti Monas, Ondel-ondel atau bajaj yang dijual di tepi jalan. 

Mungkin bagi orang yang bermukim di seputaran Jakarta miniatur ini tidak menarik. Namun, lain halnya untuk sanak famili di kampung halaman. Selain unik pastinya miniatur ini tahan lama dan tidak akan memberatkan koper kalian.


9. Roti Buaya

Siapa bilang roti buaya hanya sebagai hantaran dalam pernikahan adat Betawi. Olahan roti berbentuk seekor buaya yang memiliki berbagai varian rasa manis dan gurih ini kini sering menjadi oleh-oleh khas Jakarta. Dengan beragam isian, mulai dari stroberi, keju, dan cokelat, roti buaya varian mini bisa dibeli mulai dari Rp7.000.


Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Mudik? Jangan Lupa Mampir ke Desa Wisata 

BERIKUTNYA

Sebelum Servis Mobil, Ini 3 Kiat Pilih Bengkel yang Tepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: