Ilustrasi montir sedang mengecek mobil (Sumber gambar: Freepik)

Sebelum Servis Mobil, Ini 3 Kiat Pilih Bengkel yang Tepat

27 April 2022   |   18:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Entah baru atau bekas, mobil sepatutnya diservis rutin secara berkala. Servis yang dilakukan umumnya adalah pengecekan dan perawatan mobil secara rutin yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Sebelum servis, tentu penting untuk menentukan bengkel yang tepat.

Jika Genhype menggunakan asuransi mobil, selain besaran premi dan risiko-risiko yang dijamin, kalian juga biasanya akan direkomendasikan bengkel rekanan oleh perusahaan asuransi terkait. Seperti diketahui, asuransi dapat membantu biaya servis mobil untuk pemeliharaan maupun perbaikan. 

Umumnya, pihak asuransi memiliki daftar berbagai bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan mobil. Bengkel rekanan tersebut ada yang merupakan bengkel resmi APM (authorized workshop) atau bengkel umum. 

Nah, supaya hasil servis mobil kalian dari bengkel rekanan memuaskan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut rilis dari Duitpintar.com, yang diterima Hypeabis.id, Rabu (27/4/2022).
 

1. Cek kredibilitas bengkel

Meski perusahaan asuransi memilihkan bengkel rekanan dengan reputasi yang bagus, kalian mesti memeriksa sendiri kredibilitas mereka, misalnya dengan mengecek profil atau mengunjungi tempatnya langsung.

Dengan melihat sendiri fasilitas yang lengkap dan proses pengerjaan dari bengkel rekanan tersebut, hal itu bisa dijadikan penilaian tersendiri bahwa kualitas yang baik dari pengerjaan pihak bengkel rekanan tersebut.

Dengan begitu, kalau bengkel yang bersangkutan dinilai kurang sesuai, kalian bisa langsung mencari tempat lain.
 

Artem Podrez

Cek kredibilitas bengkel sebelum melakukan servis mobil (Sumber gambar: Artem Podrez/Pexels)
 

2. Fasilitas-fasilitas penunjang

Agar pemeliharaan secara berkala dapat dilakukan dengan mudah, cek fasilitas-fasilitas penunjang yang disediakan bengkel tersebut. Kalian juga harus menanyakan kepada asuransi mobil tersebut apakah mereka akan menanggung biaya servis mobil kalian.

Adapun, biaya perbaikan mobil sendiri tergantung dari jenis mobil dan jenis perbaikannya. Semakin mahal harga mobil tentu harga servisnya semakin mahal pula. Untuk perkiraan biaya servis berkala 10.000 km, biayanya sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000.

(Baca juga: Pengisian Aki Mobil Tidak Berjalan Lancar? Simak Dulu Penjelasan Ini)
 

3. Performa kerja

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah performa kerja bengkel rekanan yang kamu pilih. Teknisi-teknisi berpengalaman tentu tahu cara menangani kendaraan yang bermasalah atau merawatnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, kalian juga harus mengecek bagaimana customer service yang disediakan memberi respons terhadap keluhan dan masukan dari kalian sebagai konsumen.

 Dengan memilih bengkel yang tepat, kalian pun akan mendapatkan sejumlah manfaat seperti menjaga performa mobil, menekan risiko pengeluaran berlebih, memastikan nilai jual mobil tetap tinggi karena performa yang baik serta memberikan rasa nyaman dan aman.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

9 Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Keluarga di Kampung

BERIKUTNYA

BLACKPINK Akan Comeback pada Juni 2022, Ini Respons YG Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: