Pemudik perlu melakukan persiapan agar kondisi tubuh tetap terjaga selama perjalanan mudik lebaran (sumber gambar ilustrasi : Pexels/ Oleksandr Pidvalnyi)

Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Mudik

25 April 2022   |   16:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

6. Konsumsi Suplemen atau Vitamin Kesehatan

Vitamin penting bagi individu untuk menjaga daya tahan tubuh. Individu bisa mengonsumsi vitamin C selama perjalanan agar kesehatan terjaga.

Berbagai vitamin bisa didapat oleh individu secara alami dari buah dan sayur. Namun, individu dapat mengonsumsi suplemen tambahan jika merasa butuh asupan lebih.
 

7. Jaga Kondisi Fisik & Mental

Selama perjalanan mudik, kondisi mental juga perlu diperhatikan. Dalam perjalanan mudik, emosi kita bisa saja terpicu oleh situasi jalur mudik yang padat kendaraan. Sementara saat yang sama kita ingin segera sampai tujuan. Alhasil dalam kondisi ini, selain fisik, mental kita pun rentan mengalami kelelahan. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengelola emosi selama perjalanan mudik, dengan tidak memaksakan kehendak. Hal ini penting agar konsentrasi kita pun terjaga dalam memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. 
 

8. Ikuti Syarat dan Protokol Kesehatan dari Pemerintah

Setelah sempat melarang pada tahun – tahun sebelumnya, pemerintah pada akhirnya memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran. Namun, pemerintah menerapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan tersebut tertuang dalam SE No. 16/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang keluar pada 2 April 2022. Salah satu ketentuan yang harus diperhatikan adalah soal vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, membuang limbah masker di tempat yang disediakan, dan sebagainya.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Tayang di Disney+, Simak 5 Fakta Menarik Film Yuni yang Wajib Kalian Tahu

BERIKUTNYA

6 Kiat Mengecat Rumah untuk Menyambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: