Pemudik perlu melakukan persiapan agar kondisi tubuh tetap terjaga selama perjalanan mudik lebaran (sumber gambar ilustrasi : Pexels/ Oleksandr Pidvalnyi)

Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Mudik

25 April 2022   |   16:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hal wajib diperhatikan ketika hendak mudik adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. 
Tubuh yang fit tidak hanya membuat perjalanan nyaman, tetapi juga aman. Kemudian, dengan tetap sehat, kegiatan di kampung halaman bersama dengan keluarga pun akan kian maksimal.

Dengan menempuh perjalanan berkilo-kilo meter, tradisi mudik bisa membuat tubuh menjadi lelah . Meskipun sebenarnya, kegiatan tersebut menjadi kegiatan menyenangkan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Untuk itulah, pemudik perlu melakukan persiapan agar kondisi tubuh tetap terjaga selama perjalanan mudik Lebaran, terlebih pada masa pandemi Covid-19 yang belum usai. Pemudik juga perlu menaati protokol kesehatan.

Berikut sejumlah hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan oleh para pemudik saat mudik Lebaran:
 

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Persiapkan kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan mudik. Jika menggunakan moda transportasi umum, pemudik sebaiknya memilih kendaraan yang nyaman untuk perjalanan mudik.

Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik agar tetap sehat dan bugar setelah sampai di kampung halaman.
 

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Asupan nutrisi dan gizi sangat penting bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dalam perjalanan ke kampung halaman.

Pemudik dapat menyiapkan bekal yang sehat untuk perjalanan mudik lebaran dengan membawa seperti roti gandum sebagai pengganti nasi yang tinggi serat. Kemudian, buah-buahan yang dapat menjadi penambah nutrisi dan menjaga tubuh tetap prima.
 

3. Istirahat Jika Lelah

Pemudik sebaiknya segera melakukan istirahat dan tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan saat merasa lelah dalam perjalanan mudik lebaran, terutama ketika membawa kendaraan pribadi.
 

4. Perhatikan Asupan Cairan

Asupan cairan di dalam tubuh selama mudik lebaran juga harus menjadi perhatian pemudik selain makanan. Tubuh akan lebih banyak terpapar polusi saat perjalanan mudik Lebaran. Jadi, pemenuhan kebutuhan cairan untuk menghilangkan racun yang masuk dalam tubuh dengan mudah.

Kebutuhan cairan yang tercukup pada saat mudik Lebaran juga bermanfaat mencegah dehidrasi pada tubuh. Selain dari air putih, pemudik juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi kadar air.
 

5. Sediakan Obat-obatan Pribadi

Pemudik juga perlu mempersiapkan obat-obatan saat mudik Lebaran, terutama jika memiliki penyakit yang harus mengonsumsi obat secara teratur. Jadi, jangan lupa untuk membawa obat ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran.

6. Konsumsi Suplemen atau Vitamin Kesehatan
1
2


SEBELUMNYA

Tayang di Disney+, Simak 5 Fakta Menarik Film Yuni yang Wajib Kalian Tahu

BERIKUTNYA

6 Kiat Mengecat Rumah untuk Menyambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: