Film Yuni tayang di Disney+ (Sumber gambar: Fourcolours Films)

Tayang di Disney+, Simak 5 Fakta Menarik Film Yuni yang Wajib Kalian Tahu

25 April 2022   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Arti warna ungu pada karakter Yuni

Dalam film, Yuni dikisahkan sebagai seorang remaja yang sangat terobsesi dengan warna ungu. Semua barang dan aksesori Yuni mulai dari baju, motor, helm, tas, buku, tempat tidur, sandal, tali sepatu, sampai ikat rambut semuanya berwarna ungu.

Bukan tanpa alasan, secara historis, warna ungu sendiri menyimbolkan gerakan perempuan di seluruh dunia dan digunakan dalam peringatan Hari Perempuan Internasional. Warna ungu telah menjadi simbol gerakan wanita saat pertama kalinya digunakan oleh Serikat Sosial dan Politik Perempuan di Inggris pada tahun 1908. Ungu melambangkan keadilan.

Pada tahun 1960-an hingga 1970-an, penggunaan warna ungu dihidupkan kembali oleh kaum feminis untuk mewakili gerakan pembebasan perempuan, seperti memperjuangkan hak atas tubuh, seksualitas, dan reproduksinya. Sejak saat itu, ungu menjadi identik sebagai identitas perjuangan kaum perempuan. Orang-orang pun mulai menggunakan warna ungu dalam tampilan sehari-hari dari pakaian hingga aksesoris.
 

5. Raih sederet penghargaan

Film Yuni telah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021 dan penghargaan Young Cineastes Award dari Festival International Palm Springs 2022.

Film ini juga mewakili Indonesia di ajang penghargaan bergengsi Piala Oscar 2022 untuk kategori the International Feature Film Awards. Sayangnya, Yuni belum berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Terbaru, film Yuni juga mendapatkan penghargaan Youth Jury Award 2022 dari International Film Festival Gorinchem di Belanda.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

4 Ide Bisnis Tanpa Modal, Kenapa Enggak

BERIKUTNYA

Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: