Ilustrasi berbisnis tanpa modal (Sumber gambar: Hypeabis/Marendra Sukma)

4 Ide Bisnis Tanpa Modal, Kenapa Enggak

25 April 2022   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Idealnya untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha, kita tentu memerlukan modal usaha. Semakin besar modal tersebut, maka seharusnya makin mudah menjalankan bisnis. Akan tetapi, kondisi ideal ini tidak sering kali tidak bertahan lama dan ada risiko yang harus dihadapi ketika memulai usaha.

Pada situasi tersebut, kalian mungkin hanya memiliki modal uang cekak. Bahkan tidak memilikinya sama sekali. Namun, saat yang sama, kalian ingin menjalankan sebuah usaha atau bisnis untuk mendapatkan pemasukan.

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju roma. Begitu pula dengan bisnis, kalian bisa menjalankannya dengan modal minimalis, atau tanpa uang sekalipun.

Mengenai hal ini, Hypeabis punya tips untuk kalian yang ingin membuka usaha atau bisnis dengan modal minimalis. 

1. Menjadi Dropshipper

Tidak semua produsen produk atau jasa memiliki kemampuan untuk memasarkan produk mereka secara maksimal. Mungkin mereka hanya mampu produksi, sementara untuk urusan promosi mereka memiliki keterbatasan. 

Di sinilah, kalian bisa mengambil peran sebagai orang yang membantu menjual atau mempromosikan produk mereka. Istilah populer pelaku usaha tersebut adalah dropshipper.

Kalian tidak perlu repot-repot membeli, menstok, atau mengemas barang. Namun, cukup mempromosikan melalui media sosial kalian. Kemudian ketika ada pembeli, kalian tinggal menghubungi produsen untuk mengirimkan barang tersebut. 

Biasanya dalam sistem ini untuk keuntungan atau profit dibagi dengan produsen. Adapun hal yang harus diperhatikan adalah ketelitian dalam mencari pemasok, karena erat kaitannya dengan kualitas produk. 


2. Menjadi Reseller

Jika dropshipper kalian hanya mempromosikan, maka pada sistem reseller kalian pun mesti membeli produk grosir dari produsen atau pemasok. Dalam sistem ini, kalian bisa memulai bisnis dengan perlahan-lahan. Memulai dari modal seadanya, kemudian selanjutnya dikembangkan untuk menjadi besar. 

Sama halnya dengan dropshipper, kecermatan kalian dalam menentukan pemasok menjadi kuncinya. Bila kalian mendapatkan supplier tepat, dengan produk berkualitas, dan harga bersaing, maka kalian sudah satu langkah untuk menggapai kesuksesan. 

Sedangkan kunci lainnya adalah kejelian dalam melihat kebutuhan pasar. Hal ini sangat penting. Sebab seberapa banyak kalian membeli produk, jika tidak ada peminatnya maka akan berakhir dengan sia-sia. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melihat situasi pasar dan kompetitor tentunya, agar bisnis kalian tidak merugi. 


3. Memonetisasi hobi

Hobi mendatangkan cuan bukanlah kemustahilan. Di luar sana kita sering membaca beberapa pengusaha sukses memonetisasi hobinya menjadi bisnis. Buat kalian yang memiliki hobi di bidang tertentu, sangat mungkin untuk menghasilkan cuan dari aktivitas tersebut. Apalagi saat ini, terdapat media sosial yang memungkinkan kita untuk mempromosikan hal tersebut. 

Umpamanya, bila kalian hobi memelihara kura-kura, maka kalian bisa memonetisasinya dengan menjual pakan, atau bahkan reptil tersebut. Selain itu, kalian bisa juga menjual atau membuat kandang hewan peliharaan itu ke marketplace.

Nah buat kalian yang memiliki hobi menulis, kalian bisa menawarkan jasa penulisan artikel di media sosial. Kemudian kalian juga bisa membuka kelas menulis daring. Perlu kalian ingat semua hal tersebut dapat dijalankan dengan modal tipis, atau bahkan tanpa modal.


4. Personal branding di Media Sosial

Di samping untuk mempromosikan produk, media sosial juga ampuh untuk mempromosikan diri kalian. Lalu, apa kaitannya dengan bisnis tanpa uang? Lewat media sosial kalian bisa membangun personal branding kalian di bidang tertentu. Kalian dapat mencitrakan diri ahli atau berkompetisi pada satu bidang.  

Misalnya, kalian memiliki hobi fotografi. Lewat media sosial, kalian bisa mempublikasikan karya-karya, kemudian kalian pun dapat berbagi tips seputar hobi tersebut. Nah, jika kalian konsisten melakukan hal tersebut, bukan tak mungkin kalian bakal memiliki banyak pengikut. 

Jika sudah begitu, kalian resmi menjadi influencer. Selanjutnya tinggal tunggu sponsor datang, atau kalian bisa juga menjual produk atau jasa dari medsos kalian. Pastinya, cara ini bisa dijalankan tanpa modal, tinggal kemauan dan konsistensi. 

Selamat mencoba!

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Penelitian Sebut Pokemon GO Bisa Atasi Depresi Ringan 

BERIKUTNYA

Tayang di Disney+, Simak 5 Fakta Menarik Film Yuni yang Wajib Kalian Tahu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: