Ilustrasi salah satu adegan di serial Gaslit (Sumber: Starz)

Ada Julia Roberts di Serial Galit, Yuk Intip Sinopsisnya

25 April 2022   |   15:14 WIB

Serial Amerika Serikat Gaslit kini telah tayang mulai Minggu (24/04/2022). Dengan genre thriller politik, serial yang dibintangi oleh Julia Roberts dan Sean Penn ini mengangkat kisah nyata dari salah satu skandal politik terbesar sepanjang sejarah AS yang terjadi pada tahun 1970an.
 
Diangkat dari musim pertama siniar (podcast) Slow Burn milik kreator Leon Neyfakh, Gaslit akan mengangkat kisah yang belum diungkap dari skandal Watergate yang melibatkan presiden AS saat itu, Richard Nixon dan orang-orang yamg berada dalam pusaran pemerintahan dan skandsl tersebut.
 
Sudut pandang yang diambil adalah dari Martha Mitchell, sosialita sekaligus istri dari Jaksa Agung John N. Mitchell yang loyal kepada pemerintahan Nixon. Meski dirinya memiliki afiliasi yang kuat dengan Nixon, dia menjadi orang pertama yang memberikan bocoran tentang keterlibatan Nixon dalam kasus Watergate.
 
Hal inilah yang membuat John mengalami dilema apakah harus berpihak kepada istrinya atau kepada Nixon. Tidak hanya itu, serial ini juga akan melibatkan berbagai topik terkait yang tidak pernah dibuka ke publik sebelumnya seperti kisah para bawahan Nixon, orang-orang di dalam pusaran kasus Watergate dan Nixon, hingga upaya para whistleblower untuk mengungkap aib buruk perusahaan.
 
Jika melihat kisah aslinya, Martha adalah salah satu orang pertama yang melaporkan keterkaitan antara skandal Watergate dengan beberapa petinggi dalam pemerintahan Nixon. Kendati bahwa Martha awalnya adalah pendukung Nixon, dia kemudian menceritakan korupsi dan skandal Watergate kepada jurnalis Helen Thomas yang merupakan teman baiknya.
 
Setelah pelaporan tersebut, dia mengalami berbagai macam ancaman dan penyerangan yang dilakukan oleh pemerintahan Nixon seperti pembiusan, kekerasan fisik dan verbal, serta penahanan. Bahkan, kala itu dia harus menghadapi penolakan dari suaminya yang mendiskreditkan dirinya demi melindungi Nixon.
 
Berdasarkan laporan Collider, pemilihan judul Gaslit berasal dari kata gaslighting atau istilah yang digunakan untuk menyebut pola komunikasi yang meyakinkan lawan bicara bahwa persepsi realitas yang diyakininya salah. Kata gaslighting berasal dari naskah teater Gas Light pada tahun 1983.
 
Digarap oleh kreator Robbie Pickering dan sutradara Matt Ross, serial dengan delapan episode ini menghadirkan beberapa aktor seperti Dan Stevens, Betty Gilpin, Shea Whigham, Darby Camp, dan Aleksandar Filimonovi.
 
Selain sebagai aktor, Roberts turut duduk sebagai produser eksekutif bersama dengan Pickering, Ross, Sam Esmail, Chad Hamilton, Gabriel Roth, dan Josh Levin. Rumah produksi Esmail Corp, Red Om Films, Anonymous Content, Slate, dan Universal Content Productions berpartisipasi dalam produksi serial tersebut.
 
Tayang di platform Starz, serial Gaslit akan tayang hingga Mei 2022.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Hari Terakhir, Ini 3 Kiat Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2022

BERIKUTNYA

Penelitian Sebut Pokemon GO Bisa Atasi Depresi Ringan 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: