Hari ini adalah hari terakhir pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 (Sumber gambar: Sora Shimazaki/Pexels)

Hari Terakhir, Ini 3 Kiat Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2022

25 April 2022   |   14:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kesempatanmu untuk berkarier di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tinggal satu hari! Pasalnya, hari ini, Senin (25/4/2022), merupakan hari terakhir Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Sejak dibuka pada 15 April hingga hari ini, lebih dari 1,2 juta pelamar sudah mendaftar.

Rekrutmen Bersama BUMN 2022 merupakan program kolaborasi Kementerian BUMN, BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Sebanyak 2.700 posisi di 56 BUMN disiapkan untuk para generasi milenial lulusan Diploma, S1 dan S2.

Setiap peserta diperbolehkan untuk mendaftar lowongan kerja maksimal 3 posisi di BUMN berbeda. Adapun, beberapa berkas dalam bentuk soft copy yang perlu dipersiapkan seperti foto profil, KTP, ijazah/surat keterangan lulus, transkrip nilai, SKCK, dokumen lainnya seperti sertifikat pelatihan, bahasa Inggris dan lain-lain, serta surat rekomendasi bagi pelamar yang pernah bekerja.

Setelah tahap 1 atau registrasi online dan seleksi administrasi selesai dilaksanakan, akan dilanjutkan dengan pengumuman tahap 1 pada 9-11 Mei 2022, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN pada 17-27 Mei 2022, dan dilanjutkan dengan pengumuman tahap 2 pada 8-10 Juni 2022, Tes Kemampuan Bidang (TKB) dan Wawancara & MCU pada 12-25 Juni 2022, serta pengumuman final calon pegawai BUMN pada 4 Juli 2022.

Di antara panjangnya proses rekrutmen, tahap registrasi adalah momen krusial yang sejatinya tidak boleh disepelekan. Karena pada tahap ini informasi awal mengenai kecakapan kalian sebagai calon pelamar akan disaring hingga ke detil terkecil untuk membawa kalian ke tahap selanjutnya.
 

Buat Genhype yang ingin melamar, berikut adalah beberapa kiat untuk lolos Rekrutmen Bersama BUMN menurut rilis Divisi Human Capital Telkom Indonesia.


1. Catat dan pilih lowongan yang potensial

Kiat pertama yang dapat kalian lakukan agar mempunyai peluang lolos yang besar untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yakni dengan memilih lowongan yang sesuai dengan kapasitas, kapabilitas, maupun passion kalian.

Jika perlu, lakukan riset secara online mengenai tanggung jawab yang akan diemban di posisi tersebut, dan sesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja kalian hingga saat ini. 

Untuk memudahkan pelamar, website resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 juga selalu memperbarui status jumlah pendaftar dan kuota di tiap posisi.

(Baca juga: Lagi Cari Kerja? Berikut Tips Sukses Melamar Pekerjaan)


2. Teliti dan persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Rekrutmen Bersama BUMN dapat diakses melalui portal https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/. Setelah mendaftar, kalian akan menerima email untuk mengonfirmasi pembuatan akun. Kalian akan diminta mengisi data diri dan mengisi formulir dengan informasi mirip dengan curriculum vitae (CV).

Selain itu, kalian juga diminta mengisi alamat akun media sosial yang aktif. Pastikan kalian mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar lebih efisien dan tepat dalam menginput data.

Kalian juga akan diminta menyediakan surat rekomendasi jika sudah pernah bekerja. Caranya, kalian dapat meminta kepada mantan atasan, mantan dosen pembimbing, atau tokoh di organisasi tempat kalian pernah aktif berkontribusi. Pastikan surat rekomendasi memuat identitas jelas dan tanda tangan pemberi rekomendasi, serta narasi yang berisi alasan mengapa kalian layak direkrut.


3. Review sebelum kirim

Periksa kembali berkas dan keterangan pada posisi yang kalian lamar. Pastikan tetap memantau email yang terdaftar, karena informasi-informasi berikutnya akan kalian dapatkan via email.

Yang tak kalah penting, berhati-hatilah dengan SMS/email/telepon yang mengatasnamakan BUMN. Jangan mengirimkan password/kode OTP/nomor identitas/nomor rekening ke pihak-pihak yang tidak terautorisasi.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Lagi Cari Smartphone Harga Terjangkau dengan Fitur NFC? Coba Cek Daftar Ini 

BERIKUTNYA

Ada Julia Roberts di Serial Galit, Yuk Intip Sinopsisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: