Meski sama-sama meluruskan rambut, rebonding dan smoothing berbeda (Sumber gambar: Freepik)

Wajib Tahu, Ini 6 Perbedaan Rebonding & Smoothing sebelum ke Salon!

25 April 2022   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Metode meluruskan rambut di salon kecantikan menjadi tren sejak lama. Selain tampak rapi, rambut lurus juga cenderung mudah untuk ditata. Dua metode yang kerap dilakukan yakni rebonding dan smoothing. Meski sama-sama bisa meluruskan rambut, kedua metode tersebut ternyata memiliki perbedaan.

Rebonding dan smoothing pada dasarnya merupakan teknik meluruskan rambut yang dilakukan dengan memanfaatkan bahan kimia kuat. Bahan kimia tersebut dapat menembus hingga lapisan terdalam rambut dan membuatnya tampak lurus.

Selama prosedur, ikatan kimia rambut diatur ulang sedemikian rupa sehingga membuat strukturnya berubah menjadi lurus dan halus. Meski sekilas tampak sama, ada beberapa hal mendasar yang membedakan rebonding dan smoothing seperti berikut ini.
 

1. Obat yang digunakan

Untuk metode rebonding, obat yang digunakan pada metode ini mengandung bahan kimia yang lebih keras dan dapat merubah jenis rambut secara signifikan. Dengan metode ini, rambut yang ikal dan keriting bisa berubah menjadi lurus. Namun, kamu perlu memberi perawatan ekstra agar rambut tidak mudah rusak setelah rebonding.

Sementara pada metode smoothing, obat yang dipakai mengandung vitamin dan keratin yang tidak merubah jenis rambut secara signifikan. Metode ini akan memberi efek lebih halus, lembut, dan rambut menjadi mudah diatur. Selain itu, obat yang digunakan pada metode smoothing tidak merusak rambut.
 

2. Lama proses

Dalam rangka menghasilkan rambut lurus yang lebih natural, juga dengan penggunaan obat kimia yang lebih ringan, pada smoothing rambut memerlukan waktu proses lebih lama. Untuk melakukan smoothing, Kamu biasanya perlu menyediakan waktu minimal 3,5 jam di salon.

Sementara itu, proses rebonding bisa dilakukan dengan lebih cepat. Seluruh proses rebonding umumnya memakan waktu sekitar 2-3 jam saja, tergantung salon tempat di mana kamu melakukan perawatan. 

(Baca juga: Gaya Multi-Melt, Tren Warna Rambut Terbaru yang Wajib Dicoba)
 

3. Sifat lurus yang dihasilkan

Dibandingkan rebonding, saat ini smoothing rambut menjadi jenis perawatan yang semakin sering dipilih oleh para wanita. Sebab, meski sama-sama dilakukan dengan penggunaan bahan kimia, rambut lurus yang dihasilkan proses smoothing umumnya lebih lembut dan halus sehingga tampak lebih natural.

Sebaliknya, rambut lurus hasil rebonding cenderung akan berstruktur lebih kaku dan tegak. Jika tidak pandai merawatnya, rambut lurus hasil rebonding sangat rentan mengalami masalah kepatahan. 
 

Polina Tankilevich

Metode meluruskan rambut harus melihat tipe rambut (Sumber gambar: Polina Tankilevich/Pexels)

 

1
2


SEBELUMNYA

Penderita Sinusitis Wajib Hindari 5 Kelompok Makanan Ini

BERIKUTNYA

SEVENTEEN Umumkan Comeback dengan Album Studio Face The Sun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: