Momen spesial bisa menjadi momen meningkatkan penjualan (Sumber gambar: Ksenia Chernaya/Pexels)

3 Kiat Jitu Memacu Bisnis dengan Memanfaatkan Momen Spesial

19 April 2022   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sederet momen spesial yang hadir setiap tahunnya bisa menjadi waktu ‘emas’ bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus menyiapkan sejumlah strategi dan perencanaan dalam mengoptimalkan berbagai momen spesial yang ada.

Untuk memaksimalkan bisnis pada momen-momen spesial dan mempererat hubungan dengan konsumen, berikut beberapa strategi yang harus disiapkan oleh para pelaku bisnis.
 

1. Rencanakan program

Memetakan momen spesial sepanjang tahun menjadi kunci utama yang umum dilakukan. Meski demikian, pelaku bisnis juga perlu menyadari bahwa pola pikir fleksibel dan terbuka juga perlu diterapkan, terlebih di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express menuturkan meski memiliki produk andalan, pihaknya selalu berusaha untuk berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Oleh karena itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun, pihaknya selalu berusaha untuk jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan.

“Dalam pelaksanaannya, kami pun berusaha selalu fleksibel memahami bahwa setiap kota memiliki karakteristik dan tren konsumen yang berbeda. Tidak hanya melalui media sosial, kami juga melakukan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial,” papar Renny.

(Baca juga: Cek 3 Strategi Jitu Bikin Konten Bisnis di Bulan Ramadan)
 

Mart Production

Momen spesial bisa menjadi momen meningkatkan penjualan  (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)


2. Buat brand value dan ide spesial

Di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar.

Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, tetapi juga membangun kedekatan emosional, serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.

Vico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee mengatakan, dalam merencanakan kampanye momen spesial, pihaknya senantiasa berpegang teguh pada nilai yang dimiliki, sehingga karakter sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana.

“Melalui nilai-nilai tersebut, kami berhasil menghimpun basis konsumen loyal dan akhirnya dapat menciptakan sendiri momen-momen spesial yang bisa dirayakan bersama,” katanya.

Lebih lanjut, Vico menjelaskan misalnya saat hari jadi perusahaan, pihaknya meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik. Begitupun saat Ramadan, pihaknya meluncurkan produk minuman spesial dan rangkaian koleksi hampers.
 

3. Maksimalkan kolaborasi untuk promosi

Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas.

Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, para pelaku bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

Menurut Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist, strategi marketing pada momen spesial terkadang membutuhkan effort lebih, baik modal maupun tenaga serta waktu.

Di tengah industri yang semakin terbuka saat ini, lanjutnya, para pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand yang kerap menyelenggarakan kampanye pada momen-momen spesial.

“Dengan begitu, bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan,” imbuh Septian.

SEBELUMNYA

aespa Jadi Girl Group K-pop Terbaru yang Tampil di Coachella 2022

BERIKUTNYA

Kisah Romantis dalam Bulu Tangkis Diangkat dalam Drama Korea Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: