Ada hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang mengisi daya atau charging ponsel (Sumber gambar: Pexels/Karolina Grabowska)

Hati-Hati, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengisi Daya Ponsel 

18 April 2022   |   16:22 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ponsel pintar atau smartphone telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat luas dari berbagai kalangan. Kendati begitu, perkembangan teknologi yang cepat tidak selalu diiringi dengan pengetahuan tentang pemanfaatan yang baik. 

Salah satu yang penting dan tak jarang menimbulkan masalah adalah cara pengisian daya ponsel yang tidak tepat. Kebiasaan pengisian tertentu dapat menyebabkan ponsel lebih boros dan lebih cepat rusak. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa perilaku yang tidak dianjurkan ketika melakukan pengisian daya smartphone :
 

1. Mengisi daya untuk waktu yang lama 

Saat ini, sebagian besar vendor ponsel telah menghadirkan fitur fast charging atau flash charging yang dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya. Konsekuensinya, rasio terhadap tegangan juga meningkat yang bisa menyebabkan kenaikan suhu dengan cepat. 

Walaupun, banyak di antaranya juga yang telah mengembangkan sistem penurunan pengisian daya secara bertahap, akan lebih baik jika pengguna tetap memantau pengisian daya dengan tidak meninggalkannya dalam waktu lama di tengah udara yang juga panas. 
 

2. Mengisi daya sembari bermain 

Ini adalah praktik yang banyak ditemukan, dan dilakukan oleh berbagai kelompok mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bisa dibilang secara umum, ini bukan perilaku yang baik dan sebaiknya kita menghentikan kebiasaan pengisian daya sambil ponsel tetap dioperasikan. 

Proses charging sambil dimainkan, terlebih bermain gim dapat menyebabkan suhu ponsel meningkat dengan cepat. Kondisi ini dalam situasi ekstrem bisa memicu kebakaran dan dalam jangka panjang bisa merusak ponsel. 
 

3. Mengisi daya memakai pengisi sembarangan 

Memakai pengisi daya secara asal juga merupakan kebiasaan buruk yang banyak ditemui. Perlu diketahui, ponsel yang berbeda atau bahkan seri ponsel yang berbeda di bawah merek yang sama bisa jadi memiliki protokol pengisian daya yang berbeda. 

Pemakaian perangkat input pengisi daya yang tidak tepat atau secara sembarangan bisa menyebabkan baterai tidak terisi hingga meningkatkan suhu ponsel secara signifikan, yang pada akhirnya bisa merusak baterai ponsel pengguna. 
 

4. Mengisi daya sambil menjawab telepon 

Kebiasaan lain yang banyak dilakukan oleh pengguna smartphone adalah menjawab telepon dengan ponsel yang tengah diisi dayanya. Hal ini sangat berbahaya dan sangat dianjurkan untuk dilakukan sama sekali. 

Menjawab telepon sambil charging ponsel dapat dengan cepat meningkatkan suhu perangkat. Pasalnya, saat ponsel dengan berkomunikasi, perangkat itu memerlukan kinerja dari berbagai komponen sehingga potensi peningkatan suhunya sangat tinggi dan berisiko bagi penggunanya. 

Editor: Nirmala Aninda 

SEBELUMNYA

Ajarkan Anak Banyak Kebaikan di Momen Idulfitri

BERIKUTNYA

Rekomendasi Kue Tradisional untuk Suguhan di Hari Raya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: