Kebutuhan masyarakat cenderung meningkat saat bulan Ramadan (Sumber gambar: Jack Sparrow/Pexels)

Biar Enggak Boncos, Ini 3 Kiat Belanja Tetap Hemat saat Ramadan

15 April 2022   |   13:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kebutuhan masyarakat cenderung meningkat saat bulan Ramadan. Kondisi itu terjadi karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi saat bulan puasa seperti berbuka puasa maupun sahur. Ditambah, beberapa kebutuhan yang akan dibeli saat Lebaran tiba.

Mulai dari mengirimkan hampers kepada sanak saudara atau rekan sejawat, membeli pakaian baru, kue kering dan pernak-pernik khas Idulfitri, hingga pengeluaran untuk melaksanakan mudik ke kampung halaman.

Meski demikian, nyatanya kita perlu cermat dalam mengeluarkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan agar tidak melebihi anggaran belanja. Apalagi, adanya kenaikan tarif PPN sebesar 11 persen, membuat harga barang-barang kebutuhan pun ikut naik.
 

v

 Hal yang paling penting adalah mengatur cash flow agar tetap positif (Sumber gambar: Jack Sparrow/Pexels)

Oleh sebab itu, pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Menurut Financial planner Nadia Harsya, belanja hemat bukan melulu berarti soal menabung dan investasi. Hal yang paling penting adalah mengatur cash flow agar tetap positif.

“Bagaimanapun dengan uang yang kita punya harus bisa diatur. Jadi smart shopper dulu, sebelum kita ikut nabung dan investasi,” kata Nadia.

Terkait hal tersebut, Nadia pun membeberkan tiga kiat agar belanja tetap hemat pasca kenaikan tarif PPN. Pertama, membuat estimasi budget dan daftar kebutuhan berbelanja, kemudian mematuhinya.

“Hanya berbelanja yang ada di list dan jangan sampai melewati budget yang sudah ditentukan,” ujarnya.

(Baca juga: Begini Cara Cermat Mengatur Keuangan selama Ramadan)

Kedua, hindari untuk berbelanja di jam-jam kritis. Menurut Nadia, ketika merasa lapar saat sedang berpuasa seperti saat ini, orang-orang cenderung menjadi impulsif ketika berbelanja. Sehingga penting untuk berbelanja saat kondisi emosi sedang stabil.

Adapun untuk kiat ketiga, penting juga untuk mencari produk dengan harga terbaik saat belanja kebutuhan. Menurut Nadia, saat ini terdapat banyak opsi toko untuk membeli barang, sehingga masyarakat diimbau untuk menjadi pembeli yang pintar.

“Caranya dengan membandingkan untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga bersaing. Dengan begitu, budget akan aman dan kebutuhan juga terpenuhi,” tambah Nadia.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Remake Film Box Office Korea Selatan, Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia Tayang 8 September

BERIKUTNYA

Angkat Budaya Bali dengan Nuansa Horor, Film Tutuge Raih 7 Penghargaan Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: