Poster film Decision to Leave (kiri) dan Broker (kanan). (Sumber gambar: CJE&M, CJ Entertainment)

Ada Film Debut Sutradara Lee Jung-jae, Ini 3 Film Korea yang Masuk Festival Film Cannes ke-75

15 April 2022   |   18:19 WIB

Tahun ini, sejumlah film dari Korea Selatan diundang dalam Festival Film Cannes ke-75 yang akan diselenggarakan pada 17-28 Mei. Diumumkan pada Kamis (14/04/2022) waktu setempat, ada dua film akan bersaing dalam kompetisi Palme d'Or dan satu film akan debut dalam penayangan Out of Competition.

Setelah lima tahun, dua film Korea yang terpilih untuk bersaing dalam kompetisi Palme d'Or adalah Decision to Leave dari sutradara Park Chan-wook dan penulis naskah Jung Seo-kyung serta Broker dari sutradara Koreeda Hirokazu.

Decision to Leave merupakan film misteri yang akan melihat kisah detektif Hae-joon yang menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan dan mulai curiga sekaligus tertarik dengan Seo-rae yang merupakan istri mendiang korban pembunuhan sekaligus terduga tersangka dari kasus kematian suaminya.

Film ini menghadirkan aktris China Tang Wei, Park Hae-il, Lee Jung-hyun, Go Kyung-pyo, dan Park Yong-woo. Moho Film memproduksi film ini serta CJ Entertainment membantu dalam bagian finansial dan distribusi. Setelah rilis perdana di Cannes pada Mei 2022, film ini akan resmi rilis ke publik pada Juni 2022.

Park Chan-wook sendiri telah dikenal dengan beberapa capaian kemenangan di Festival Film Cannes selama beberapa tahun. Beberapa film yang pernah memenangkan penghargaan adalah Oldboy di kategori Grand Prix pada 2004 dan Thirst di kategori Cannes Jury Prize pada 2009. Tidak hanya itu, dia juga dikenal dengan beberapa proyek ikonik seperti The Handmaiden, Joint Security Area, Stoker, dan Snowpiercer.

Selanjutnya, ada Broker yang merupakan film drama yang menghadirkan beberapa aktor terkenal seperti Song Kang-ho, Bae Doona, Kang Dong-won, Lee Ji-eun (IU), dan Lee Joo-young. Ceritanya sendiri mengangkat topik seputar baby box atau kotak bayi yang membuat para bayi bisa ditinggalkan secara anonim agar bisa dirawat oleh orang lain.

Film ini sendiri telah memulai pengerjaan sejak lima tahun lalu agar bisa bekerja dengan Song dan Kang. Lalu, dua aktor tersebut dan Bae kemudian diumumkan sebagai aktor utama pada Agustus 2020. Lalu, IU masuk ke dalam deretan aktor pada Februari 2021 dan Lee Joo-young masuk sebulan setelahnya. Sama seperti Decision to Leave, film ini juga tayang ke publik pada Juni 2022.

Koreeda Hirokazu sendiri juga dikenal karena pernah memenangkan dua penghargaan Palme d'Or selama dua tahun, yaitu pada 2013 dengan Like Father, Like Son dan Shoplifters pada 2018. Berbeda dengan dua film sebelumnya yang merupakan film Jepang, Broker dipertimbangkan untuk masuk kategori film Korea karena produksinya yang dilakukan oleh perusahaan Korea CJ ENM.

Untuk film Out of Competition, Hunt dari aktor Lee Jung-jae akan jadi salah satu di antara film yang akan tayang secara khusus. Film aksi ini akan menjadi film debutnya sebagai sutradara sekaligus film yang diundang ke dalam kategori Midnight Screening.

Hunt bercerita tentang dua orang agen ahli dari National Intelligence Service (NIS) yang membuka fakta mengejutkan ketika mencari tahu tentang orang-orang yang dianggap sebagai mata-mata Korea Utara. Selain sebagai sutradara, Lee Jung-jae akan bermain sebagai agen Park Pyung-ho dan Jung Woo-sung sebagai Kim Jung-do, rekan sekaligus saingan Pyung-ho.

Selesai dengan penayangan di Festival Film Cannes, Hunt akan tayang pada musim panas 2022 dengan tanggal yang diumumkan menyusul.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tidak Punya Meja & Kursi, Ini 4 Cara Desain Ruang Kerja Lesehan yang Nyaman

BERIKUTNYA

Simak 5 Tradisi Peringatan Jumat Agung di Berbagai Negara, dari Italia hingga Jamaika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: