Ilustrasi bekerja di lantai (Sumber gambar: Andrew Neel/Unsplash)

Tidak Punya Meja & Kursi, Ini 4 Cara Desain Ruang Kerja Lesehan yang Nyaman

15 April 2022   |   11:28 WIB

Selama ini mungkin kalian merasa nyaman bekerja menggunakan meja kerja dan kursi, tetapi tak menutup kemungkinan ada waktunya kalian juga bekerja tanpa menggunakan perabotan tersebut. Dalam hal ini, kalian bekerja di meja lesehan.

Walau bekerja dengan cara lesehan atau duduk di lantai cenderung kurang nyaman, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap nyaman ketika bekerja. Yuk simak beberapa cara desain ruang kerja lesehan yang bisa menjadi inspirasi desain ruang kerja kalian.

1. Arahkan pandangan mata ke luar tempat tinggal

 

Ilustrasi tata letak meja kerja lesehan. (Sumber gambar: Youtube Thoughtworthy Co)

Ilustrasi tata letak meja kerja lesehan. (Sumber gambar: Youtube Thoughtworthy Co)

Dengan keterbatasan yang ada dalam tempat tinggal seperti kos dan apartemen, kiat untuk membuat ruang kerja yang tidak jenuh adalah meletakkan meja kerja yang menghadap ke luar jendela. Hal ini bisa bermanfaat untuk mendapatkan cahaya alami dan pemandangan yang tidak membosankan.

Baca juga4 Tips Bikin Ruang Kerja di Rumah dengan Bujet Murah

Namun, cara ini bisa dicoba selama 1-2 minggu karena hal ini bisa bergantung pada preferensi setiap orang dan juga kecenderungan mudah terganggu atau terdistraksi dari pemandangan luar.
 

2. Lakukan pendekatan wall treatment yang menarik

 

a

Ilustrasi dekorasi meja kerja. (Sumber gambar: Unsplash)

Jika tata letak yang mengarah pada jendela ternyata kurang efektif dalam bekerja, maka penggunaan wall treatment bisa jadi solusi yang lebih tepat. Sebab kesan pemandangan dinding yang mudah memicu kebosanan, adanya dekorasi seperti tanaman hias, hiasan dinding, dan wallpaper kecil bisa menjadi cara untuk mengurangi pemandangan dinding polos yang membosankan.
 

3. Gunakan alas duduk yang nyaman

 

Ilustrasi tempat duduk lantai. (Sumber gambar: Youtube Thoughtworthy Co)

Ilustrasi tempat duduk lantai. (Sumber gambar: Youtube Thoughtworthy Co)


Kecenderungan duduk di lantai membuat posisi saat bekerja di rumah, membuat posisi duduk kita lebih bervariasi. Misalnya bersila, berlutut, atau berjongkok. Oleh karena itu penggunaan alas duduk yang nyaman dengan bahan empuk ala bean bag, kemudian desain yang mendukung punggung dan bagian bawah tubuh perlu dipertimbangkan.
 

4. Gunakan meja kerja fleksibel

 

Ilustrasi meja kerja fleksibel. (Sumber gambar: Unsplash)

Ilustrasi meja kerja fleksibel. (Sumber gambar: Unsplash)

Lantaran keterbatasan ruang, meja fleksibel bisa jadi pertimbangan saat bekerja secara lesehan. Akan tetapi, meja kerja ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya adanya kapasitas luas untuk perangkat tablet atau laptop, buku-buku atau kertas, binder-binder besar, hingga peralatan khusus seperti pen tablet.

Dari sini, kalian bisa menentukan bentuk meja yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman digunakan. Contohnya, meja dengan rak-rak kecil di bagian bawah dan samping cocok untuk mereka yang terbiasa bekerja dengan dokumen kertas.

Baca jugaPesona 5 Tanaman Hias yang Siap Percantik Ruang Kerja di Rumah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Peringatan Penyaliban Yesus, Ini Makna Jumat Agung bagi Umat Kristiani

BERIKUTNYA

Ada Film Debut Sutradara Lee Jung-jae, Ini 3 Film Korea yang Masuk Festival Film Cannes ke-75

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: