Broker (2022) mengangkat kisah tentang perdagangan bayi. (Sumber gambar : CBI Pictures)

Tayang di Bioskop Hari Ini, Simak Fakta Menarik Film Broker

15 June 2022   |   13:07 WIB

Film Broker akhirnya tayang di bioskop Tanah Air. Dalam unggahan CBI Pictures, film yang dibintangi Song Kangho dan Lee Jieun (IU) tersebut tayang lebih awal. Karya sinematik ini ternyata telah lebih dulu mendapatkan sambutan hangat di Festival Film Cannes sebelum akhirnya tayang untuk publik.

"Saksikan penampilan #IU #LeeJiEun & casts lainnya yang memukau kritikus film di Cannes lewat karya Kore-Eda Hirokazu (sutradara Shoplifters). Saksikan BROKER di bioskop MULAI BESOK," berikut bunyi postingan Twitter CBI Pictures, Selasa (14/6/2022). 

Drama keluarga ini diketahui memuncaki box office di Korea Selatan saat penayangannya pekan lalu. Film yang disutradarai Hirokazu Kore-eda ini meraup US$1,10 juta dan berhasil menggulingkan The Roundup (2022) yang berada di posisi teratas selama tiga pekan terakhir.

Menurut data dari layanan pelacakan Kobis yang dioperasikan oleh Dewan Film Korea, Broker diputar di 1.590 layar dengan total 145.000 tiket terjual pada Rabu pekan lalu. 

Nah, biar makin penasaran, berikut fakta-fakta menarik fillm Broker yang dirangkum Hypeabis.id:
 

1.  Raih penghargaan di Festival Film Cannes

Broker memenangkan penghargaan juri Ekumenis untuk film terbaik di Festival Film Cannes 2022. 

Juri Ekumenis terdiri dari anggota organisasi film Kristen, Interfilm (Protestan) dan Signis (Katolik). Para juri ini memilih karya yang menyentuh dari dimensi spiritual. Juri yang telah memberikan hadiah di Cannes sejak 1974 ini memiliki rekam jejak yang kuat dalam memilih film yang kemudian memenangkan hadiah utama di acara utama festival. 

Pemenang juri Ekumenis tahun lalu, Drive My Car (2021) karya Ryûsuke Hamaguchi diketahui memenangkan penghargaan skenario terbaik di Cannes tahun lalu, diikuti dengan Oscar untuk film internasional terbaik. 
 



2. Disutradarai orang Jepang diperankan bintang utama Korea

Film ini disutradarai Hirokazu Kore-eda yang berkebangsaan Jepang. Selain Broker, Kore-eda pernah memenangkan hadiah utama Cannes, Palme d'Or, pada 2018 dengan film bertema kejahatan, Shoplifters.

Broker menampilkan pemeran utama bertabur bintang, seperti Song Kangho yang dinobatkan sebagai Aktor Terbaik dalam Festival Film Channes tahun ini melalui film tersebut. Sebelumnya pada 2019, Song memenangkan Palme d'Or di ajang perfilman bergengsi tersebut melalui Parasite

Mengutip Variety, pemeran film lainnya juga menjadi daya tarik utama di Korea. Pemeran utama pria kedua, Kang Dong-won adalah seorang veteran di dunia perfilman Korea Selatan dengan sejumlah film hit termasuk Peninsula (2020), Golden Slumber (2018), dan The Priests (2015).

Sementara Lee Jieun, lebih dikenal sebagai IU merupakan penyanyi yang tidak diragukan lagi popularitasnya di Korea. IU sempat membintangi sejumlah drama Korea seperti Dream High, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Hotel del Luna, bahkan pernah jadi cameo di Crash Landing on You.

Sementara itu, Bae Doona, yang berperan sebagai salah satu polisi, sebelumnya bermain di film The Host (2006) dan Cloud Atlas (2012). Sementara Lee Jooyoung, yang memerankan perwira polisi junior di film ini, merupakan aktris yang pernah tampil di drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) dan Itaewon Class (2020).


3. Mengangkat isu perdagangan bayi

Film ini menceritakan Sanghyun, tukang cuci pakaian atau laundry yang memiliki sambilan dengan memperdagangkan bayi secara ilegal. Diperankan Song Kangho, dia kerap mencuri bayi dari kotak adopsi di gereja dan menjualnya ke pasar gelap untuk diadopsi.

Sanghyun sejatinya bukan sindikat perdagangan bayi di pasar gelap. Dia dan rekannya Dongsoo (Kang Dong-won) hanyalah individu yang memiliki keterbatasan finansial dan ingin menghasilkan uang lebih. Di balik itu, mereka berdua juga ingin menempatkan para bayi tersebut ke tempat yang lebih layak. 

Suatu ketika, Soyoung (IU), ibu muda yang tampak tertekan memutuskan untuk menaruh bayinya Wosung di keranjang bayi pada sebuah gereja yang ada di Busan. Namun dia tidak meninggalkan langsung bayi tersebut melainkan memantau siapa yang akan mengambilnya.  

Namun siapa sangka, dari proses perdagangan bayi Wosung, terbentuk ikatan keluarga tanpa hubungan darah. 

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Intip Wajah Baru Sarinah yang Lebih Kekinian

BERIKUTNYA

Waspada, Kutil Kelamin Bisa Menjadi Kanker Serviks

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: