Ilustrasi (Sumber gambar: Priscilla du preez/Unsplash)

6 Cara Membuat Suasana Kerja Jadi Kondusif dan Menyenangkan

09 January 2022   |   12:53 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Genhype, ada kalanya kalian merasa jenuh dan tidak bahagia dalam menjalani rutinitas pekerjaan. Hal itu dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti kelelahan yang menurunkan semangat kerja, maupun faktor eksternal seperti lingkungan kantor yang dirasakan kurang kondusif.

Pada beberapa kasus, kondisi kejenuhan tersebut berujung pada pikiran untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang telah dijalani selama ini.

Sebelum kalian mencoba melirik rumput tetangga yang biasanya terlihat lebih hijau, coba dulu terapkan lima tips ini untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan sehingga kalian dapat mengembalikan semangat dan produktivitas dalam bekerja.
 

1. Awali hari dengan senyuman

Tak peduli betapa beratnya kejadian kemarin atau mood kalian buruk karena suatu hal, tersenyumlah di pagi hari. Mungkin terasa sepele, tapi memulai hari dengan senyum yang tulus dan berkata-kata yang positif, akan menjadi mantra untuk bersemangat sepanjang hari.
 

2. Jangan bawa masalah personal ke kantor

Menjalin pertemanan denga rekan di kantor memang menyenangkan, kalian bisa saling bertukar ide dan pendapat untuk perkembangan perusahaan. Namun, dianjurkan untuk tidak memulai perselisihan dan membuat kerja terasa tidak nyaman. Selain itu, jangan bawa problem di luar kantor untuk jadi “santapan” acara bincang sesama rekan karyawan. Jagalah pikiranmu tetap positif dan memberi sugesti yang membangun diri.
 

3. Komitmen untuk lebih disiplin

Loyal terhadap perusahaan memang penting, namun jangan mengorbankan waktu pribadi juga. Manajemen waktu memang salah satu kesulitan yang dihadapi oleh karyawan. Untuk itu buatlah komitmen yang bisa kalian tepati. Seperti makan siang sesuai waktu, beristirahat sesuai porsi dan yang lainnya. Ketika sedang bekerja, tetaplah fokus dan tidak menggunakan media sosial yang akan mengganggu konsentrasi. Tetapi bekerjalah dengan cerdas, agar waktu pulangmu tidak terpakai menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.
 

4. Hindari duduk terus menerus 

Ingatlah untuk sesekali beranjak dari tempat duduk (Jacky Chiu/Unsplash)

Ingatlah untuk sesekali beranjak dari tempat duduk (Jacky Chiu/Unsplash)


Genhype, pasti pernah dengar kalau duduk terlalu lama sangat berpengaruh pada kesehatan, risiko penyakit yang mengintai seperti diabetes melitus, obesitas, sakit pinggang, jantung, dan lainnya. Gaya hidup sedentary atau kurang bergerak ini juga mengundang kecemasan dan depresi. Luangkan beberapa menit selama bekerja untuk berdiri beberapa menit dan meregangkan tubuh.
 

5. Bernapas

Pekerjaan sering kali menjadi sumber stres yang besar dalam hidup kita. Berurusan deadline yang ketat, mengelola beban kerja yang tinggi, atau menangani konflik dengan bos atau rekan kerja, hal itu bisa membuat kalian kewalahan dan menimbulkan kecemasan.

Ketika mulai terasa kurang kendali, Genhype bisa mencoba gerakan yoga satu ini. Dalam yoga, kalian melatih Breath of Joy, di mana kita menarik napas panjang dan kemudia menghembuskan tawa. Berdiri dengan kaki rapat dan tangan ke samping. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan tawa dan memungkuk ke depan. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.
 

6. Mempercantik meja kerjamu 

Meja kerja yang cantik dan rapi menambah semangat (Carl Heyerdahl/Unsplash)

Meja kerja yang cantik dan rapi menambah semangat (Carl Heyerdahl/Unsplash)


Genhype menghabiskan waktu selama lebih dari delapan jam sehari untuk pekerjaan, waktu yang lebih lama daripada yang mungkin kalian habiskan di tempat tidur. Tidak ada salahnya untuk mendandani meja kerja kalian sesuai yang diizinkan oleh kebijakan perusahaan.

Haddington Knight yang berbasis di Exeter, Inggris, sebuah perusahaan yang menggunakan sains untuk meningkatkan kinerja usaha, pernah menyampaikan hasil risetnya mengenai hal ini. Para pekerja yang bisa menghias meja kerja mereka  25% lebih produktif, dibandingkan mereka yang bekerja di meja yang lebih kosong.

Dengan merasa nyaman di kantor, menyelesaikan pekerjaan pun semakin mudah dilakukan, produktivitas kerja meningkat, dan tentunya mengurangi keinginan Genhype untuk resign.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Enak Buat Lauk & Camilan, Yuk Coba Resep Tahu Cabai Garam ala Chef Devina

BERIKUTNYA

Menilik Desain Arsitektur Istana Negara di Ibu Kota Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: