PSY. (Sumber gambar: P NATION)

PSY Siap Comeback Merayakan 10 Tahun Gangnam Style

12 April 2022   |   16:30 WIB

Pelantun hits Gangnam Style, PSY, akan kembali mengguncang industri hiburan Korea Selatan dengan album studio baru pada bulan April ini! Melalui sosial medianya, Selasa (12/4/2022), PSY mengumumkan bahwa dia akan comeback dengan album full-length kesembilan.

Pengumuman dalam bentuk video ini menampilkan dirinya yang tengah berbicara di sebuah venue konser setelah memberi penampilan panggung. Dia mengatakan bahwa karya ini dirilis tepat 20 tahun setelah rilisnya single Champion dan 10 tahun setelah Gangnam Style.

"Butuh waktu setidaknya 10 tahun untuk bisa menciptakan karya yang lebih sensasional dari itu. Saya rasa yang ingin saya katakan adalah bahwa lain waktu Anda akan bertemu dengan lagu seperti Gangnam Style pada 2022," tuturnya dalam video yang diambil pada 24 Desember 2013 tersebut.
 
Album dan karya kesembilan ini belum memiliki judul resmi dan hanya membocorkan nama PSY 9th sebagai nama yang tertera pada pengumuman tersebut. Rencananya, album ini akan rilis pada Jumat, 29 April 2022 pukul 18.00 KST atau 16.00 WIB.

Album ini akan menjadi album terbaru setelah PSY 8th 4X2 = 8 yang rilis pada Mei 2017, tepat satu tahun sebelum dirinya hengkang dari YG Entertainment. Setidaknya ada dua lagu hits dalam promosi album ini, yaitu I Luv It yang menghadirkan aktor Lee Byung-hun dan New Face yang menghadirkan Son Na-eun eks Apink.

Berdasarkan laporan Newsis, album ini juga akan merayakan ulang tahun ke-10 dari single hitsnya Gangnam Style yang mendunia beberapa waktu setelah perilisannya. Lagu ini diketahui menjadi sangat populer hingga dia menjadi artis Korea pertama yang mendapatkan peringkat Billboard Hot 100 selama tujuh pekan, sebelum tergeser dengan Dynamite pada 2021.

Meski capaian Billboard Hot 100 sudah tergeser, capaian tontonan video klip Gangnam Style di Youtube masih berjaya dengan capaian lebih dari 4,38 miliar tontonan. Angka ini setidaknya dua kali lebih banyak dibandingkan beberapa lagu hits artis K-pop yang sudah mencapai milestone satu miliar seperti DDU-DU DDU-DU dan Kill This Love milik BLACKPINK, Boy with Luv milik BTS dan Halsey, serta Gentleman milik PSY.

PSY adalah salah satu solois Korea Selatan yang telah merayakan ulang tahun debut ke-20 pada tahun lalu. Pada 2001, dia debut dengan album studio Psy from the Psycho World! dan dia mulai dikenal dengan beberapa lagu hits seperti Champion, Entertainer, Right Now, Daddy, dan Napal Baji setelahnya.

Dia juga dikenal sebagai artis yang memiliki penampilan panggung yang penuh semangat dan membuat para pendengar antusias untuk mengetahui karya sensasional berikutnya. Tidak hanya itu, dia juga menjadi pendiri dari agensi P NATION yang membawahi sejumlah artis seperti Jessi, HyunA, DAWN, Crush, Penomeco, Swings, Heize, dan boy group yang akan debut bernama TNX yang sempat ikut ajang kompetisi LOUD.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Tips Desain Kafe Minimalis ala Korea

BERIKUTNYA

Laptop Baru Huawei MateBook D14 & D15 Meluncur, Segini Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: