Ilustrasi pekerja yang sedang menghadapi stres. (Sumber gambar: Unsplash/Tim Gouw)

7 Cara Sehat Hadapi Stres

11 April 2022   |   11:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Stres menjadi kondisi umum yang kerap dialami masyarakat terutama para pekerja. Reaksi alami tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru ini disebabkan beberapa faktor, seperti beban pekerjaan, keluarga yang tidak harmonis, kesenjangan ekonomi, hingga penyakit. 

Manusia memang tidak mungkin hidup tanpa stres. Namun demikian, stres yang berlebihan dan tidak terkelola dengan baik bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, kata Spesialis Kejiwaan dari RSPI Pondok Indah dr. Zulvia Oktanida, kita harus menghadapi stres secara sehat, berikut caranya.


1. Istirahat
Ambil waktu jeda atau beristirahat dari sumber stres. Misalnya tidur atau mengambil cuti dari pekerjaan. Intinya, rehat sejenak dan jangan memikirkan hal yang biasanya menjadi pemicu stres kalian. 

2. Perawatan diri
Atur pola makan dengan nutrisi seimbang, atur pola tidur, berolahraga, rawat dan jaga kesehatan diri, bahkan mungkin manjakan diri di salon. Semua hal ini bisa membuat kalian lebih rileks. 

3. Aktivitas menyenangkan
Lakukan aktivitas yang menyenangkan sesuai keinginan kalian. Misalnya dengan bersepeda, melukis, bermain musik, memasak, atau travelling.

4. Aktivitas religi
Berdoa, beribadah, mendekatkan diri pada Allah. Zulvia yang karib disapa Vivi menyarankan untuk mengikuti kegiatan keagamaan bersama komunitas. 

5. Bercerita
Berbicara atau bercerita pada seseorang yang dapat dipercaya dapat membantu mengurangi beban yang dirasakan. Kalian juga bisa bercerita melalui tulisan di jurnal atau blog. 

6. Hindari Napza
Saat stres, beberapa orang mungkin menggunakan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza). Namun kata Vivi zat hanya memberi kesenangan semu dan sesaat. Setelah itu, masalah dan stres justru bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemakaian zat ini ya.

7. Minta pertolongan profesional
Kenali dan sadari ketika dirimu sudah memerlukan bantuan profesional. Pergi ke psikiater atau psikolog untuk mengatasi stres yang kalian alami jika memang sudah masuk dalam taraf mengganggu kualitas hidup. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5.504 Virus RNA Baru ditemukan di Laut

BERIKUTNYA

Review Deebot X1 Omni: Robot Pembersih Rumah Serba Otomatis 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: