Ilustrasi desain interior (dok. Pexels)

Hadirkan Optimisme, Begini Desain Interior yang Pas di 2022

07 February 2022   |   14:39 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru, kita butuh suasana baru, termasuk di dalam rumah. Kini, rumah bukan hanya menjadi tempat untuk beristirahat namun juga beraktivitas. Ya, peningkatan kasus Covid-19 beberapa waktu ke belakang membuat banyak perusahaan kembali menerapkan bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Untuk itu, menciptakan kenyamanan saat bekerja dari rumah sangat penting. Suasana yang membangkitkan optimisme juga perlu diperhatikan.

Dikaitkan dengan tahun macan, shio dari astrologi China yang dikenal sebagai simbol kekuatan, pengusir kejahatan, dan keberanian, Arsitek Cosmas Gozali mengatakan pencahayaan yang cukup atau warna-warna yang cerah seperti merah, orange, dan kuning bisa menjadi alternatif untuk diterapkan di dalam ruang.

Dia menerangkan cahaya mewakili elemen api yang perlu diperkuat mengingat saat ini tahun macan air. Dalam momentum ini, elemen air menjadi cukup kuat sedangkan element api melemah. Oleh karena itu, perlu keseimbangan dengan menghadirkan elemen api melalui warna-warna cerah tersebut.
 
"Sehingga desain interiornya menjadi sangat berani dan bold, bukan sesuatu yang soft atau pastel," ujarnya saat dihubungu baru-baru ini.

(Baca juga: 9 Tips Desain Interior untuk Rumah Kecil)

Lebih lanjut Cosmas menyampaikan suasana terang dengan warna yang juga terang akan memberikan energi positif terutama saat bekerja dari rumah. Warna bold alias warna yang kuat ini diprediksi akan menjadi tren desain interior pada 2022. Cosmas menyebut selama pandemi Covid-19 orang banyak menjadi bosan dengan suasana yang terlalu biasa.

"Kebosanan dan keinginan akan sesuatu yang berbeda untuk mengganti suasana menjadi tren 2022," imbuhnya.

Adapun warna bold yang juga menjadi tren dan cocok dipakai dalam interior yakni merah maroon, pink, kuning mustard, hijau, dan purple. Selain warna bold, kebutuhan akan alam luar juga menjadi tren. Oleh karena itu, kata Cosmas unsur tanaman menjadi elemen yang penting. Mengingat unsur air sangat kuat, menurut dia sebaiknya jangan memakai tanaman yang terlalu besar untuk interior.

"Aliran udara segar juga sangat penting, cukupnya oksigen dalam ruangan membuat orang tetap sehat dan bersemangat . Udara ruangan yang panas dan lembab menyebabkan orang cepat lelah sehingga mengganggu produktiftas kerja," tuturnya.

Untuk mempercantik ruang dan menambah optimisme, Cosmas menyarankan agar menghadirkan karya seni yang abstrak, lampu-lampu yang menarik, hingga aksesoris bantal warna warni. "Lilin-lilin yang indah dari berbagai warna dan ukuran juga bisa diaplikasikan," sebut Cosmas.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Biar Nyaman, Ini 4 Tips Memilih Sandal Outdoor yang Tepat

BERIKUTNYA

Hindari Penipuan Dating Apps, Ini 5 Pelajaran Penting dari Tinder Swindler

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: