Ilustrasi kolak (Sumber gambar: Hypeabis/Nurul Hidayat)

Ini 5 Sajian Kuliner Khas Ramadan yang Bisa Kalian Coba

04 April 2022   |   19:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap Ramadan, setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki menu-menu khas yang hanya muncul selama bulan puasa. Menu-menu ini sering disajikan sebagai teman ketika berbuka puasa. Nah, kalian pun bisa membelinya di pasar atau pinggir jalan, bahkan membuatnya sendiri. 

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kuliner khas Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cita rasa yang khusus, dan keberadaannya musiman yang akan sulit ditemui saat di luar Ramadan loh Genhype

Berikut beberapa Ramadan yang dapat Genhype nikmati pada bulan suci ini. 


1. Kolak

Sajian kuliner yang satu ini adalah sajian yang sangat identik dengan Ramadan. Sajian yang memiliki rasa manis ini adalah sajian perpaduan antara pisang, ubi, kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. 

Selain itu, kolak juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Selain kolak pisang, juga terdapat kolak biji salak yang terbuat dari ubi jalar dibentuk bolat kemudian dicampur dengan tepung tapioka. 
 

2. Ketan Bintul

Bagi kalian yang berasal dari Banten pasti sudah tidak asing dengan sajian ini, yakni ketan bintul. Sajian ini dapat ditemui oleh Genhype di sejumlah tempat, terutama di pasar-pasar tradisonal lho. 

Menu berbuka yang satu ini disebutkan sudah ada sejak abad ke-16 loh. Sajian berupa ketan yang diberikan taburan serundeng di atasnya tersebut dijamin dapat memanjakan lidah. 
 

3. Kicak

Bicara Yogyakarta, maka sajian kuliner yang ada di daerah ini tidak hanya gudeg saja. Pada Ramadan terdapat sajian kuliner bernama Kicak yang terbuat dari ketan yang telah ditumbuh halus. 

Ketan itu dicampur dengna santan, nangka, dan juga kelapa parut setelah ditumbuk. Manis nangka berpadu dengan rasa gurih dari kelapa parut dan santan dipastikan buka puasa kalian kian nikmat. 
 

4. Bubur Pacar Cina

Sajian buka puasa yang satu ini berasal dari Betawi, dan tidak boleh dilewatkan oleh kalian. Bubur Pacar Cina terbuat dari tepung sagu yang diolah cukup sederhana, yaitu dengan merebus biji pacar china hingga matang. 

Kemudian, biji pacar cina tersebut dicampur ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Dengan memasukan es batu, bubur ini akan meluncur di tenggorokan dan melegakan dahaga. 
 

5. Barongko

Jika sedang berada Makassar, kalian jangan lupa untuk mencoba Barongko sebagai sajian buka puasa. Sajian yang memadukan pisang, telur, santan, gula, dan garam ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut saat masuk ke dalam mulut. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

BTS 'Puasa' Trofi dalam Ajang Grammy Awards, Begini Penjelasan Kritikus Musik!

BERIKUTNYA

Ini Alasan Kalian Harus Tetap Merawat Kulit Selama Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: