BTS saat di red carpet Grammy Awards 2022 (Sumber gambar: Recording Academy)

BTS 'Puasa' Trofi dalam Ajang Grammy Awards, Begini Penjelasan Kritikus Musik!

04 April 2022   |   16:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

BTS harus kembali gigit jari karena tidak berhasil membawa pulang trofi dalam ajang Grammy Awards 2022. Tahun ini menjadi kesempatan kedua bagi BTS, setelah tahun lalu gagal membawa pulang kemenangan. Nominasi Best Pop/Group Performance tahun ini dimenangkan oleh Doja Cat feat. SZA dengan lagu Kiss Me More. 

Tahun lalu, BTS juga masuk nominasi Grammy Awards dengan kategori yang sama untuk single hit mereka, Dynamite. Sayang, piala Grammy tahun lalu dimenangkan oleh Lady Gaga dan Ariana Grande untuk single kolaborasi mereka berjudul Rain On Me.

Sementara tahun ini, BTS harus bersaing dengan sederet musisi papan atas lainnya seperti Tony Bennett & Lady Gaga, Justin Bieber & benny blanco, Coldplay, dan Doja Cat feat SZA.

Menanggapi hal ini, kritikus musik asal Korea Selatan, Han Dong-yoon mengatakan karena popularitas single Butter yang sangat besar di seluruh dunia, banyak orang yang mungkin kecewa dengan kenyataan tersebut.

“Saya yakin mereka akan mendapatkan pengakuan dari Grammy suatu hari nanti jika mereka terus berada di jalan mereka saat ini,” katanya seperti dikutip dari The Korea Times, Senin (4/4/2022).
 

b

BTS saat tampil di Grammy Awards 2022 (Sumber gambar: Recording Academy)

Sebelumnya, banyak pihak yang memprediksi bahwa BTS berpeluang memenangkan Grammy pada tahun ini. Hal itu dikarenakan single Butter yang populer secara global, termasuk mendominasi tangga lagu utama Billboard selama 10 minggu berturut-turut setelah dirilis pada Mei 2021 lalu.

Berkat lagu tersebut, BTS juga berhasil menyabet beberapa penghargaan musik dunia lainnya seperti American Music Awards dan Billboard Music Awards. Hal itu pun membuat prediksi bahwa BTS akan menjadi artis Korea Selatan yang meraih Grammy Awards meningkat. “Tapi sepertinya Grammy masih tertutup untuk musisi Asia,” imbuh Dong-yoon.

Untuk diketahui, berkat lagu Butter, BTS berhasil memenangkan tiga kategori di American Music Awards 2021 lalu yakni Favorite Pop Song, MTV Video Music Award for Best K-Pop dan Artist of The Year. BTS menjadi musisi Asia pertama yang meraih gelar tertinggi, Artist of The Year, di ajang penghargaan tersebut.

(Baca juga: Silk Sonic Borong 4 Piala di Grammy Awards 2022 Berkat Lagu Leave the Door Open)

Menurut Lee Gyu-tag, profesor antropologi budaya di Universitas George Mason Korea, secara historis, selalu sulit bagi sebuah boyband atau girlband untuk mendapatkan nominasi Grammy terlepas dari popularitas mereka. Hal tersebut, lanjut Gyu-tag, dikarenakan sebagian besar penyelenggaranya tidak menyukai gaya musik mereka.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kegemaran pihak penyelenggara akan ‘integritas artistik’ tampaknya begitu kuat, sehingga BTS sulit melampaui hal tersebut. “Sepertinya perspektif mereka tentang K-pop dan bintang K-pop juga belum berubah,” imbuh Gyu-tag.

Meski demikian, para ARMY–sebutan penggemar BTS–tetap mendukung idolanya tersebut. Di Twitter, kata kunci “WIN NO MATTER WHAT” digunakan oleh para ARMY untuk mengungkapkan kalimat dukungan mereka terhadap BTS.

Adapun, BTS sendiri akan dijadwalkan akan menggelar konser live lanjutan mereka bertajuk Permission To Dance On Stage Las Vegas di Allegiant Stadium di Las Vegas pada 15 dan 16 April 2022 mendatang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tim Aprilia Sabet Kemenangan Pertama di MotoGP Argentina

BERIKUTNYA

Ini 5 Sajian Kuliner Khas Ramadan yang Bisa Kalian Coba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: