Game Kirby and the Forgotten Land (Sumber gambar: Nintendo)

Cover Musik dari Game Kirby Bawa Pulang Piala Grammy Awards 2022

04 April 2022   |   12:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Musik dari permainan video gim Kirby mendapatkan penghargaan pada ajang Grammy Awards 2022. Tidak secara langsung memang, tapi karakter monster merah muda itu menjadikan Charlie Rosen dan Jake Silverman membawa pulang piala ajang penghargaan kenamaan tersebut. 

Aransemen musik berjudul Meta Knight’s Revenge yang didasarkan pada musik video gim Kirby Superstar rilisan 1996 keluar sebagai pemenang Grammy untuk kategori Best Arrangement, Instrumental or A Capella. 

Aransemen dilakukan oleh 8 Bit Big-Band, yang merupakan sebuah orkestra beranggotakan 30 hingga 65 orang. Kelompok ini memang memiliki spesialisasi memainkan musik secara akapela dari judul-judul video gim. 

Sebelumnya, 8-Bit Big Band juga pernah membawakan sejumlah cover musik gim seperti Zelda’ Lullaby dari judul gim Ocarina of Time, musik Fourside dan gim Earthbound, musik Big Blue dari gim F-Zero, dan masih banyak yang lainnya. 

Musik Meta Knight’s Revenge berhasil keluar sebagai pemenang kategori setelah bersaing dengan sejumlah nominee seperti Chopsticks oleh Bill O’Connell, For the Love of A Princess oleh Robin Smith, Infinite Love oleh Emile Messeri, dan The Struggle Within oleh Gabriela Quintero & Rodrigo Sanchez. 

Kemenangan ini secara tidak langsung juga menjadi hadiah bagi pengembang serta penggemar gim Kirby, yang belum lama ini juga telah kedatangan judul waralaba terbarunya yaitu Kirby and the Forgotten Land. 

[Baca juga: Panduan main game Kirby and the Forgotten Land yang penting untuk diketahui]

Ini juga secara umum menjadi benchmark dari aransemen instrumental musik video gim. Pasalnya, masih sangat jarang musik-musik gim masuk dalam nominasi dan memenangkan penghargaan di luar ajang untuk gim itu sendiri. 

The Verge mencatat bahwa beberapa musik video gim yang mendapatkan apresiasi luas antara lain Journey dari gim judul yang sama menjadi nominasi Grammy, tetapi kalah. Lainny adalah lagu Baba Yetu dari gim Civilization IV memenangkan Grammy setelah dirilis ulang dalam album terpisah.
 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Silk Sonic Borong 4 Piala di Grammy Awards 2022 Berkat Lagu Leave the Door Open

BERIKUTNYA

DAMRI Siapkan 460 Bus untuk Penumpang Mudik Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: