Ilustrasi Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. (Sumber gambar: Qatar2022.qa)

Yuk Tur 8 Stadion Tempat Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar

03 April 2022   |   16:32 WIB

5. Stadion Al Janoub

Dibangun selama 5 tahun sejak 2014, stadion Al Janoub berlokasi di bagian selatan kota Al Wakrah dan menjadi rumah bagi klub sepak bola Al-Wakrah SC. Kapasitas stadion yang dimiliki Asosiasi Sepak Bola Qaatr ini mencukupi hingga 40.000 orang.

Ciri khas dari desain stadion ini adalah konsep neo-futurist dengan bentuk lengkung postmodernist dari arsitek Zaha Hadid, di mana bentuknya merefleksikan kapal dhow tradisional yang ditiup angin. Pada 22 November-5 Desember 2022, stadion ini hanya mengadakan enam pertandingan grup dan babak 16 besar.


6. Stadion Education City

Berbeda dengan beberapa stadion yang memiliki beberapa fungsi, stadion yang berlokasi di Al Rayyan ini memang dibangun khusus Piala Dunia FIFA 2022 dengan kapasitas 40.000 orang. Karena lokasinya yang strategis bagi mahasiswa yang berkuliah di Education City milik Qatar Foundation, stadion ini nanti beralih fungsi sebagai tempat pelatihan untuk tim-tim olahraga tingkat universitas.

Desainnya cenderung mengombinasikan antara arsitektur tradisional Islam dan unsur modern dengan standar ramah lingkungan Global Sustainability Assessment System (GSAS). Selama periode 22 November-9 Desember, stadion ini akan menjadi venue untuk enam pertandingan grup, babak 16 besar, dan perempatan final.


7. Stadion 974

Berkapasitas 40.000 orang, stadion temporer yang sebelumnya dinamakan sebagai Stadion Ras Abu Aboud ini menjadi salah satu venue terbaru yang dibuka sejak November 2021 dengan pembangunan selama kurang lebih tiga tahun sejak 2018. Pembangunan stadion di Doha ini diperuntukkan sebagai venue untuk Piala Dunia 2022, setelahnya bangunan ini akan direkonstruksi ulang.

Desainnya memiliki inspirasi dari ciri khas desain modular dengan memanfaatkan 974 kontainer yang didaur ulang sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah industri di kota Ras Abu Aboud dan kode telpon internasional dengan angka +974. Nantinya, stadion ini akan menjadi rumah bagi enam pertandingan grup dan babak 16 besar selama 22 November-5 Desember 2022.


8. Stadion Internasional Lusail

Stadion dengan kapasitas terbesar untuk Piala Dunia FIFA 2022 ini merupakan stadion akhir yang menyelenggarakan sejumlah pertandingan besar. Berlokasi 23 kilometer ke arah utara dari Doha, stadion ini akan memuat kapasitas 80.000 orang dan akan menjadi salah satu daya tarik kota Lusail.

Desainnya terinspirasi dari lampu fanar dan mangkuk buatan tangan yang digunakan masyarakat Timur Tengah selama berabad-abad dengan sentuhan futuristik. Layaknya beberapa stadion yang ramah lingkungan, stadion ono akan menggunakan tenaga surya dan memiliki jejak karbon nol.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Ini Negara dengan Jam Puasa Terpendek & Terpanjang

BERIKUTNYA

5 Kegiatan Anti Bosan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: