Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjual smartphone lama (Sumber gambar: Pexels/George Dolgikh)

5 Hal Penting sebelum Menjual Smartphone Lama

28 March 2022   |   19:21 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Teknologi berkembang dengan sangat masif, termasuk juga produknya seperti ponsel pintar atau smartphone. Selalu ada ponsel baru dalam setiap bulan yang diluncurkan oleh berbagai vendor dengan menawarkan teknologi canggih dan fitur mutakhir. 

Bagi kalian yang ingin beralih ke perangkat lebih baru dan berniat menjual ponsel lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan data dan keamanan akun. Berikut ini sejumlah hal yang perlu dilakukan. 
 

1. Cadangkan kontak 

Kalau kalian adalah pengguna sistem operasi Android dan sering memakai aplikasi Google, pastikan untuk membuat cadangan kontak. Ini bisa dilakukan dengan menyinkronkan kontak ke akun Gmail. Lakukan secara manual dengan membuka laman https://contacts.google.com/. 
 

2. Cadangkan pesan dan catatan panggilan 

Bila dirasa perlu, kalian juga bisa membuat cadangan untuk pesan dan catatan panggilan sehingga bisa dialihkan ke perangkat baru nantinya. Ada berbagai opsi yang bisa dilakukan untuk mencadangkan ini, misalnya Google Drive maupun aplikasi pihak ketiga. 
 

3. Cadangkan foto, video, dan media lain 

Ini mungkin merupakan salah satu hal yang paling dipertimbangkan. Kita tentu tidak ingin kehilangan media seperti foto dan video yang ada. Untuk melakukan hal ini, ada banyak perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan seperti Google Photo, Google Drive, Microsoft OneDrive, DropBox atau layanan lain. 
 

4. Keluar dan hapus semua akun 

Perlu diingat bahwa sebelum melakukan reset pabrik, kalian perlu keluar terlebih dahulu dari akun Google. Soalnya, proses reset factory memang akan menghapus semua data dan aplikasi tambahan tetapi tidak membuat kalian keluar dari Google. Ini bisa dilakukan hal ini di pengaturan akun. 
 

5. Keluarkan kartu SIM dan memori 

Jangan lupa untuk mengeluarkan kartu SIM yang kalian miliki, karena ini merupakan hal yang bersifat pribadi dan menyimpan banyak informasi. Begitu juga dengan kartu memori seperti MicroSD jika kalian memakainya. Tapi perhatikan juga bahwa data-datanya masih aman dan lakukan cara mengeluarkan MicroSD yang aman. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Langkah Persiapan Masuk ke Lingkungan Kerja

BERIKUTNYA

Gaun Fantastis Cruella Antar Jenny Beavan Sabet Piala Oscar Ketiga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: