Ilustrasi pemasangan bulu mata palsu. (Sumber gambar: Hayley Kim Design/Unsplash)

5 Cara untuk Melepas Bulu Mata Extension di Rumah

28 March 2022   |   17:48 WIB

Bulu mata extension dapat memberikan perubahan penampilan secara instan tanpa harus repot mengaplikasikan maskara setiap hari. Namun, satu bulan kemudian bulu mata palsu ini sudah tidak secantik pada awal pemasangan sehingga kita harus touch-up atau melepas semua bulu mata extension.

Meski memberikan efek yang dramatis, penggunaan bulu mata sering kali sulit karena lem yang digunakan cukup kuat.

Karena inilah, sering kali melepas bulu mata extension membutuhkan beberapa kiat agar produk riasan bisa terangkat dengan aman dan mengurangi risiko akibat pelepasan yang kurang aman, misalnya merontokkan bulu mata asli dan risiko infeksi atau iritasi.

Baca juga:Ingin Tampil Cantik Tanpa Makeup? Coba 6 Tips Ini

Yuk intip cara melepas bulu mata extension dengan cara yang aman di bawah ini.
 

1. Gunakan pembersih riasan wajah berbasis minyak

Penggunaan pembersih berbasis minyak sangat direkomendasikan saat ingin melepas bulu mata extension. Langkah ini bisa dilakukan setelah membersihkan wajah tanpa mencuci bagian mata terlalu keras, sebab ini bisa berisiko pada lepasnya bulu mata asli.

Langkah ini bisa dilakukan sekaligus dengan membersihkan produk riasan wajah lain, misalnya maskara, eyeliner, dan produk riasan mata lain yang menempel di bagian mata.

 

2. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan bulu mata dengan efektif, meski cara ini sebenarnya harus dilakukan dengan durasi yang lebih lama. Alternatif lainnya adalah menyiapkan baskom air hangat cenderung panas dengan diameter yang cukup untuk mendekatkan wajah pada uap air.

Teknik ini bisa mengurangi tingkat kerekatan lem bulu mata extension. Menurut pakar pemasangan bulu mata palsu Andra Ciulei Marin kepada IPSY, uap dan kelembapan adalah kelemahan dari lem bulu mata extension. Akan tetapi, seperti cara penggunaan pembersih riasan wajah, teknik ini harus dilakukan beberapa menit agar bulu mata extension bisa dilepaskan.

 

3. Pakai minyak alami

Jika Genhype ingin segera melepas bulu mata dengan cepat, maka penggunaan minyak alami bisa jadi cara tercepat. Untuk melakukan ini, pemanasan minyak sampai cukup hangat pada kulit harus dilakukan. Dikutip dari Divine Lashes, minyak alami yang efektif untuk melepaskan bulu mata extension adalah minyak kelapa, minyak zaitun jenis extra virgin, dan baby oil.

Ketiga minyak ini memiliki manfaat dalam melepaskan bulu mata extension sekaligus memberikan manfaat nutrisi pada daerah bulu mata.
 

4. Rendam kapas pada minyak

Setelah menghangatkan minyak yang akan digunakan untuk melepas bulu mata extension, kini rendam kapas dan cotton bud ke dalam minyak tersebut. Setelah itu, letakkan kapas yang sudah direndam ke bagian mata dengan bulu mata extension yang masih direndam selama 5-10 menit atau sampai panas pada kapas mulai hilang. Pastikan pada saat proses ini minyak tidak masuk ke dalam mata.
 

5. Lepaskan dengan pelan dan sabar

Kunci dari melepaskan riasan bulu mata adalah sabar dan pelan, sebab hal ini bisa mengurangi risiko rasa sakit dan infeksi serta memaksimalkan upaya minyak alami dalam mengangkat lem bulu mata extension. Pada saat proses pengangkatan dengan kapas, beri tekanan yang lembut dan hindari menggosok area mata dengan kuat serta pastikan hal ini dilakukan dengan perlahan.

Jika kelima proses tadi tidak membuat bulu mata extension lepas, maka segera hubungi salon tempat kalian melakukan extension atau dokter kecantikan untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Hal ini biasanya terjadi jika lem yang digunakan terlalu kuat atau ada masalah pada saat proses pelepasan bulu mata extension.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Budaya Taplak Haft Sin pada Perayaan Tahun Baru Persia

BERIKUTNYA

Survei Ini Ungkap Kebiasaan Konsumen terkait Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: