OpenSea, salah satu marketplace NFT terbesar (Sumber gambar: OpenSea)

Ini Daftar Platform Marketplace NFT Populer Pesaing OpenSea

27 March 2022   |   15:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan aset digital non-fungible token (NFT), pasti sudah tidak asing lagi dengan OpenSea, sebuah platform lokapasar atau marketplace tempat orang melakukan transaksi jual beli aset seni digital tersebut. 

Platform ini juga menjadi ramai di jagat maya dalam negeri, ketika Ghozali Everyday berhasil menjual banyak foto swafoto miliknya sebagai aset NFT. Ya, Ghozali, menggunakan platform tersebut sebagai lapak ‘dagangannya’. 

Selanjutnya, OpenSea diserbu oleh warganet Indonesia yang menjual berbagai macam gambar unik. Ini termasuk gambar baju hingga makanan. Terlepas dari pro-kontra hal tersebut, OpenSea merupakan salah satu platform NFT paling populer di dunia. 

Selain itu, tentunya ada tempat-tempat lain yang bisa dipakai oleh para kreator dan kolektor untuk menjual dan membeli aset digital tersebut. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa marketplace NFT populer.
 

1. OpenSea 

Platform OpenSea sebagaimana disebutkan sebelumnya, merupakan salah satu lokapasar tertua dan terbesar yang digunakan oleh komunitas NFT di dunia. Ada berbagai jenis NFT yang dijual di platform ini dengan lebih dari 150 pilihan token kripto untuk pembayaran. 

Jenis NFT : seni, fotografi, koleksi, olahraga, dunia virtual, dan lain-lain 
Blockchain : Ethereum, Polygon, Klatyn 
 

2. Nifty Gateway 

Nifty Gateway merupakan marketplace penting dalam sejarah NFT lantara merupakan tempat penjualan beberapa karya termahal di dunia saat ini, termasuk The Merge seharga US$91,8 juta dan Beeple Crossroad yang terjual seharga US$6,6 juta. 

Jenis : seni digital terverifikasi dan terkurasi 
Blockchain : Ethereum, Gemini 
 

3. Rarible 

Rarible merupakan pasar non-fungible token yang dirancang untuk menjual karya seni dan koleksi tunggal, ini dikampanyekan sebagai milik masyarakat dengan konsep desentralisasi. Platform ini juga telah bermitra dengan sejumlah perusahaan besar untuk mengamankan karya seniman, termasuk Adobe. 

Jenis : seni, fotografi, permainan 
Blockchain : Ethereum, Flow, Tezos 
 

4. Binance NFT 

Binance adalah salah satu platform mata uang kripto terbesar yang ada saat ini. Dengan demikian, Binance NFT juga punya pasar yang sangat besar. Ini didukung oleh blockchain yang mereka kembangkan sendiri, dengan fleksibilitas pembayaran memakai token Binance, ETH, maupun BUSD. 

Jenis : seni digital 
Blockchain : Binance 
 

5. SuperRare 

SuperRare, seperti namanya merupakan platform penjualan NFT yang punya koleksi seni langka. Tidak seperti platform lain yang memungkinkan pengguna menjual ‘apa saja’, platform ini menempatkan kredibilitas dan nilai seni artistik yang tinggi untuk konten-konten yang diperjualbelikan. 

Jenis : seni digital 
Blockchain : Ethereum 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Genhype Minat Beli NFT? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

BERIKUTNYA

Kalbe Nutritionals Terjun ke Metaverse

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: