Ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli aset NFT (Sumber gambar: Freepik)

Genhype Minat Beli NFT? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

27 March 2022   |   15:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aset digital non-fungible token (NFT) makin populer dan diminati oleh berbagai kalangan. Ada banyak proyek karya digital berbasis blockchain yang tersedia saat ini dari para seniman hingga kreator konten mulai dari gambar dua dimensi, lagu, dan lain-lain. 

Founder IDNFT Community, Budi Santosa, mengatakan bahwa NFT menawarkan peluang baru untuk para pembuat konten dan insan kreatif berkarya. Pasalnya ini memungkinkan adanya pemindahan kepemilikan beserta sistem royalti.

Selain itu, aset NFT juga mendorong terbentuknya interaksi dan kedekatan antara pembuat atau kreator dengan pembeli atau kolektor, sehingga membentuk komunitas yang diharapkan memiliki nilai dan visi yang sama. 

[Baca juga: Tips Memaksimalkan Proyek NFT bagi Kreator Konten]

Dia menuturkan bagi orang yang berminat untuk membeli aset digital berupa NFT ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Budi, setidaknya ada tiga jenis kelompok atau alasan seseorang membeli aset tersebut. 

Pertama, suka dengan karya yang dibuat. Konsumen dalam kategori ini umumnya melihat aset NFT sebagai sebuah karya seni yang bisa dinikmati, seperti halnya lukisan atau patung. Mereka umumnya tidak terlalu peduli dengan fluktuasi harga yang terjadi. 

Kedua, membeli NFT sebagai alat investasi. Budi menuturkan konsumen kategori ini umumnya melakukan transaksi jual beli NFT untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Ini memerlukan berbagai upaya termasuk riset yang mendalam. 

Hal-hal yang perlu diketahui ketika ingin menjadikan NFT sebagai alat investasi adalah melihat siapa orang atau pihak di balik proyek tersebut, apa saja kegunaan NFT yang ditawarkan, hingga seperti apa komunitas dari proyek tersebut. 

Founder DagoDAO, Dissa ‘oXtX’ Kamajaya, menambahkan bahwa jika ingin menjadi pembeli tipe ini perlu juga untuk membuat target tertentu yang diinginkan. Jadi, ketika harga aset sudah mencapai titik tersebut, harus segera dilepas. 

Ketiga, mendukung kreator. Konsumen pada kategori ini merupakan yang diharapkan oleh para seniman yang terjun ke dunia NFT. Budi menyampaikan sangat penting untuk memiliki para kolektor yang loyal tidak dalam artian harus membeli banyak aset si kreator, tapi ikut terlibat aktif dalam pengembangan komunitas. 

Dissa menyarankan untuk para pembeli NFT memang menyukai aset yang dibeli atau kreator yang membuatnya. Dengan demikian fluktuasi harga dan minat terhadap aset tersebut tidak terlalu memengaruhi kondisi pembeli. 

Dia juga menganjurkan pembeli untuk memiliki kesadaran bahwa aset NFT tidak selalu akan menguntungkan, bahkan bisa membuat seseorang rugi. Selain itu, penting juga agar kolektor membeli aset menggunakan uang dingin. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Anna Delvey, Penipu Ulung yang Melahirkan 20 Karya Seni

BERIKUTNYA

Ini Daftar Platform Marketplace NFT Populer Pesaing OpenSea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: