Madu sejak lama dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit. (Sumber gambar :Unsplash/Benyamin Bohlouli)

Begini Cara Madu Atasi Penyakit Tuberkulosis

24 March 2022   |   21:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Madu telah lama dikenal akan berbagai manfaat positifnya untuk kesehatan. Berbagai literatur menunjukkan bahwa madu digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh hingga penyembuhan berbagai penyakit. Salah satunya diklaim bisa menyembuhkan Tuberkulosis (TB).

Menurut Dr. Dewi Masyithoh, Owner & Komisaris Kembang Joyo Group, menjelaskan madu memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Untuk vitamin sendiri, madu merupakan sumber vitamin A, Bl, B2, B6, serta vitamin E dan K. 

Sementara itu, madu kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan seperti magnesium, kalsium, niasin, asam pantotenat, riboflavin, kalium, fosfor, besi, mangan, asam amino. Madu juga mengandung antioksidan dan dapat berfungsi sebagai antibiotik alami.
Begini Cara Madu Atasi Penyakit Tuberkulosis
 

Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com


Kandungan tersebut membuat madu mampu membunuh bakteri dan jamur tertentu. “Oleh karena itu, madu dapat membantu penderita TB untuk mengatasi keluhan batuk. Hal ini penting mengingat TB ditularkan saat penderitanya batuk,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Kamis (24/3/2022). 

Selain bermanfaat untuk batuk, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Mulago Hospital menunjukkan bahwa madu tidak hanya mempercepat proses penyembuhan, tetapi juga menghambat bakteri TB untuk menyebar ke bagian lain tubuh. 

Dilansir dari The Observer, bakteri TB cenderung pertama menyebar dan menginfeksi paru-paru dan kemudian pindah ke seluruh sistem peredaran darah. Jika seseorang tidak menjalani pengobatan TB tepat waktu, infeksi dapat menyebar ke ginjal, tulang belakang, dan organ perut yang bisa berakibat fatal.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Penanganan Saat Anggota Keluarga Terkena Tuberkulosis

BERIKUTNYA

Misi Besar di Balik Kolaborasi Habitat for Humanity & Rumah Mode Alleira Batik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: