Collins St. (2021) karya Iwan Widodo. (sumber gambar : Galeri Nasional Indonesia)

Galeri Nasional Indonesia Akan Pamerkan Karya dari Program KamiSketsa GalNas

22 March 2022   |   21:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Galeri Nasional Indonesia akan mengembangkan kegiatan program KamiSketsa GalNas menjadi kegiatan yang memajang karya para peserta program. Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari program workshop seni rupa yang telah dilaksanakan pada akhir tahun lalu.

Sebagai kegiatan perdana, Pajang Karya KamiSketsa GalNas akan disajikan dalam kegiatan bertajuk Pajang Karya KamiSketsa GalNas: Gores Hitam Putih Iwan Widodo yang rencananya berlangsung pada 24 Maret - 14 April 2022 di Bilik KamiSketsa GalNas, Jakarta. Pameran ini akan dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara. 

Akan ada lima karya Karya Iwan Widodo yang bisa Genhype saksikan secara langsung di Galeri Nasional. Salah satunya berjudul Diamo – Milano (2021) yang dilukis dengan medium tinta cina pada kertas dengan ukuran 25,5 x 36,5 centimeter. 

Pustanto, Kepala Galeri Nasional Indonesia, menuturkan para peserta diajak untuk mengembangkan pengetahuan dan informasi tentang penyajian karya-karya sketsa dengan cara terlibat langsung dalam menyiapkan dan mempresentasikan karya sketsa untuk diapresiasi publik.

“Sebelumnya, KamiSketsa GalNas berada pada tataran mengenal, mengetahui, mengembangkan wawasan dengan berdiskusi, dan terlibat langsung dalam proses kreatif menciptakan suatu karya seni atau praktik membuat sketsa,” ujarnya.

Dia menjelaskan program Pajang Karya KamiSketsa GalNas akan diselenggarakan beberapa kali secara berkala sepanjang tahun 2022.

Selain itu, program pemajangan karya ini dilaksanakan dengan harapan agar para peserta semakin tertantang untuk meningkatkan kreativitas, baik dalam menciptakan karya seni, khususnya sketsa, maupun proses dan manajerial untuk mempresentasikan karya secara layak ke hadapan publik.

Untuk diketahui, KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk workshop, dan diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 atau bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia.

Sebelum pandemi Covid-19, workshop KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap Kamis mulai pukul 09.00–15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Namun dengan kondisi pandemi, kegiatan workshop bergeser ke media daring.

Dalam perkembangannya, program KamiSketsa GalNas disajikan dalam beberapa variasi kegiatan, di antaranya adalah pendalaman materi tentang sketsa dengan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang sketsa, baik luring di Galeri Nasional Indonesia maupun daring melalui Zoom.

Ada pula kegiatan sketsa on the spot yang mengajak peserta berkunjung secara luring dan menggambar sketsa di tempat-tempat bersejarah, sekaligus mendapatkan pemanduan tentang sejarah atau kisah mengenai tempat bersejarah yang sedang dikunjungi.

Peserta juga diajak untuk saling berinteraksi secara aktif yang berlangsung di Bilik KamiSketsa GalNas maupun daring melalui Zoom. Kegiatan lainnya adalah sketsa bersama yang membebaskan peserta untuk mengasah kemampuan menggambar sketsa sekaligus bereksplorasi memilih objek, media, dan teknik yang berlangsung secara daring..

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kesetaraan Perempuan Jadi Koreksi Lingkungan Kerja Industri Kelapa Sawit

BERIKUTNYA

Italian Design Day Edisi Ke-6 Akan Diselenggarakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: