ilustrasi (Sumber gambar: Pexels/ Oleg Magni)

Italian Design Day Edisi Ke-6 Akan Diselenggarakan

22 March 2022   |   22:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Untuk keenam kalinya, Italian Design Day akan diselenggarakan di Jakarta. Perhelatan yang diadakan pada 23 Maret ini menjadi ajang mempromosikan sistem budaya dan produksi Italia. Kali ini, Italian Design Day memiliki tema Re-Generation, desain dan teknologi baru untuk masa depan yang berkelanjutan.

Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia bekerja sama dengan Bintaro Design District akan melibatkan desainer dan arsitek Italia dan Indonesia pada acara ini. Italian Design Day 2022 dipromosikan dan diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional dengan kontribusi Dirjen Kreativitas Kontemporer Kementerian Kebudayaan dalam konteks inisiatif beIT dan Vivere all'Italiana.

Dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id, tema edisi tahun ini menyoroti salah satu tantangan yang dihadapi oleh para desainer, yakni mempromosikan gaya hidup yang menggabungkan fungsionalitas dan kesejahteraan. “Dengan keberlanjutan dan pengurangan dampak lingkungan, regenerasi – dalam ide dan praktek – benda, dan ruang,” demikian tertulis.

Saat ini penggunaan kembali, perbaikan, pembaruan, dan daur ulang bahan dan produk yang ada merupakan kebutuhan paralel dengan pengembangan yang baru. Untuk mencapai tujuan ini, dialog dan kolaborasi antara desainer dan para banyak pihak dengan berbagai macam peran di dunia kerja dan dalam kehidupan bermasyarakat penting untuk dilakukan dalam melaksanakan proyek dan memfasilitasi pembuatannya.

Dialog dan kolaborasi tersebut memiliki tujuan untuk memahami produk dan proses baru berdasarkan teknologi berkelanjutan yang berdasar pada konsep ekonomi sirkular.

Kegiatan pertama akan pada 23 Maret 2022 akan diselenggarakan dengan cara hibrida dan bertajuk The image of the disaster and the mainstream rhetoric of environmentalism. How to get out?. Pada kegiatan ini akan ada dialog yang melibatkan Mauro Panzeri, seorang desainer grafis, testimonial Italian Design Day 2022, dan desainer Indonesia seperti Hermawan Tanzil, Jessica Halim, Ismiaji Cahyono dan Kamil Muhammad.

Sementara dalam beberapa bulan mendatang akan ada kegiatan webinar dengan Arsitek Valentina Audrito dan perwakilan dari OICE (Asosiasi organisasi konsultan teknik, arsitektur dan ekonomi teknis Italia) yang akan fokus pada tema Smart Cities And Integrated Sustainability.


Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Galeri Nasional Indonesia Akan Pamerkan Karya dari Program KamiSketsa GalNas

BERIKUTNYA

5 Faktor Masyarakat Indonesia Alami Masalah Gigi dan Mulut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: