Model Iman Abdulmajid di karpet merah Met Gala 2021 (Sumber gambar: The Met)

Met Gala 2022 kembali dengan Tema Perjalanan Mode di Amerika

21 March 2022   |   18:29 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Met Gala kembali diadakan pada pekan pertama di bulan Mei setelah diundur ke bulan September pada tahun lalu, akibat pandemi Covid-19. Pada Kamis (17/3), Vogue selaku penggagas dan sponsor acara mengumumkan bahwa tema Met Gala tahun ini adalah In America: An Anthology of Fashion.

Met Gala 2022, alias malam terbesar dalam dunia mode, akan berlangsung pada 2 Mei 2022 dan pameran di Metropolitan Museum of Art akan dibuka untuk publik mulai 7 Mei 2022. Sementara itu, koleksi dari Met Gala 2021 dan 2022 akan dipamerkan bersamaan pada 5 September 2022.

Sebagai kelanjutan dari In America: a Lexicon of Fashion tahun lalu, tema ini dipilih untuk memberi sejarah kepada mode Amerika Serikat yang kaya pada abad ke-19 dan ke-20. Sementara leksikon merujuk pada istilah-istilah dan momen-momen individu, antologi adalah keseluruhan kumpulan karya seni khususnya dari industri mode.

Adapun, instalasi dari pameran tahun lalu masih bisa kalian saksikan di Metropolitan Museum of Art, New York, dengan sistem rotasi pada akhir bulan ini yang akan menampilkan sejumlah desain baru.
 

Vogue juga mengungkapkan bahwa gala tahun ini akan dipandu oleh Regina King, Blake Lively, Ryan Reynolds dan Lin-Manuel Miranda yang juga telah ditunjuk sebagai co-chair bersama Tom Ford, CEO Instagram Adam Mosseri dan tentu saja editor in chief Vogue, Anna Wintour.

Di sisi lain, pameran Costume Institute In America: An Anthology of Fashion adalah bagian kedua dari pameran yang mengeksplorasi mode di Amerika Serikat. Disajikan bekerja sama dengan American Wing di Met, bagian pameran ini akan menyoroti narasi busana yang berhubungan dengan sejarah yang kompleks.

Pakaian pria dan wanita yang berasal dari abad kedelapan belas hingga saat ini akan ditampilkan dalam instalasi yang dipasang di ruangan berinterior serasi dari periode tertentu mulai dari tahun 1805 hingga 1915.

Pameran ini menampilkan kehidupan masyarakat di Amerika selama 200 tahun yang menceritakan berbagai kisah dari cerita pribadi hingga politik, gaya hingga budaya, serta estetika hingga ideologi.

In America: An Anthology of Fashion nantinya akan merefleksikan dentitas Amerika yang kompleks dan berlapis dengan bantuan sutradara film Amerika terkemuka.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Menanti Distrik Seni di Sarinah

BERIKUTNYA

Enggak Cuma di Indonesia, 3 Negara Ini Juga Punya Ritual Penangkal Hujan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: