Ilustrasi kencan (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Hati-hati Penipuan Lewat Aplikasi Kencan, Ingat 4 Hal Ini!

21 March 2022   |   14:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menemukan teman kencan yang cocok dan ideal lewat aplikasi kencan bukan hal yang mudah. Baik wanita atau pria, pasti pernah mengalami keraguan untuk bertemu langsung dengan match-nya. Siapa yang bisa menjamin teman ngobrol kalian di aplikasi itu benar-benar orang baik tanpa niat jahat?

Seperti halnya pengakuan seseorang yang sempat viral di Twitter. Melalui akun @malamtanpakata, dia mengaku bahwa telah menjadi korban penipuan seorang pria lewat aplikasi kencan. Dalam utas (thread) yang dituliskan, pria itu diketahui telah menipu beberapa orang hingga puluhan juta rupiah.

Persoalan semacam ini terjadi bukan karena korban yang mudah tertipu. Lebih dari itu, ada serangkaian modus yang telah disiapkan oleh pelaku untuk meyakinkan calon korbannya, sehingga dia mendapatkan apa yang diincar.

Menurut psikolog Gita Yolanda, beberapa modus yang biasanya dilakukan mulai dari membangun persona yang ideal di media sosial, menawarkan gaya hidup yang sempurna dalam waktu yang singkat, hingga melakukan love bombing atau bom cinta lewat serangkaian perhatian.

(Baca juga: Hindari Penipuan Kencan, Ini Beberapa Hal yang Harus Diwaspadai)

Terkait hal itu, Gita juga memberikan beberapa cara kencan yang aman untuk menghindari kita dari jeratan para penipu yang dikenal lewat aplikasi kencan seperti berikut ini.
 

1. Cari informasi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kita telah menemukan match di aplikasi kencan adalah mencari informasi tentang orang yang baru dikenal itu. Tak dipungkiri, melihat media sosial seperti Instagram adalah salah satu cara paling mungkin yang dilakukan untuk mencari tahu profil seseorang. Namun, Gita mengingatkan untuk jangan mentah-mentah kita mempercayai persona seseorang di media sosial.

“Kita juga harus hati-hati bahwa keyakinan dari apa yang kita lihat itu bisa berubah, penilaian kita bisa aja salah. Karena apa yang dilihat di media sosial belum tentu sama dengan kenyataannya,” kata Gita kepada Hypeabis.id, baru-baru ini.
 

Ilustrasi (Sumber gambar: Tim Samuel/Pexels)

Ilustrasi (Sumber gambar: Tim Samuel/Pexels)

2. Bertemu di tempat yang familiar

Ketika kita match dengan seseorang di aplikasi kencan, biasanya kita akan melanjutkan perkenalan di ruang obrolan daring hingga melakukan pertemuan. Untuk hal yang satu ini, Gita menyarankan sebaiknya bertemu di tempat-tempat yang memang sudah kamu kenali dan jangan di tempat yang baru diketahui.

Selain itu, usahakan keluarga atau kerabat dekatmu tahu bahwa kalian akan pergi dengan orang tersebut, termasuk memberi tahu informasi soal tempat dan waktu pertemuannya. “Terus jangan di tempat yang sepi, ketemunya di tempat yang ramai yang kamu sudah tahu gimana cara kesana dan cara pulangnya,” ucap Gita.

(Baca juga: Tinder Swindler Versi Indonesia Viral, Pria Ini Sudah Tipu Banyak Orang)
 

3. Pergi sendiri dan pulang sendiri

Untuk memastikan kalian aman, jangan biarkan orang yang baru dikenal boleh menjemput atau mengantarkanmu pulang di kencan pertama. Menurut Gita, hal ini dilakukan untuk melindungi informasi privasi seseorang seperti alamat tempat tinggal, guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
 

4. Pelan-pelan dalam berkenalan

Hal yang tak kalah penting dalam proses perkenalan dengan orang yang baru dikenal lewat aplikasi kencan adalah melakukannya secara perlahan. Gita mengatakan bahwa pada pertemuan atau kencan pertama, sebaiknya kalain dan dia mengenal terlebih dahulu satu sama lain pribadi masing-masing.

“Take it slow. Pertemuan pertama mungkin ngobrol-ngobrol aja dan jangan sampai ke hal yang lebih jauh misalnya langsung mau diajak pergi ke luar kota atau ke luar negeri,” imbuh Gita.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Minyak Ini Bisa Dipakai untuk Menggoreng

BERIKUTNYA

5 Fakta Aksi Rara Si Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: