Ilustrasi mencipta karya (Sumber Gambar: Pexels/Anna Shvets)

Apa itu Seni Kontemporer? Berikut Definisinya

14 March 2022   |   13:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahukah Genhype bahwa dalam seni rupa terdapat berbagai macam aliran? Salah satunya adalah seni kontemporer. Kalian mungkin sering melihat sejumlah karya seni pada ruang publik atau ruang pameran, tetapi tidak mengetahui jenis aliran karya tersebut. Bisa jadi, karya yang kalian lihat adalah seni kontemporer. 

Lalu, apakah itu seni kontemporer? Dilansir dari laman eden-gallery.com, seni kontemporer bisa menjadi sulit untuk didefinisikan. Definisi yang paling sering digunakan terkait seni kontemporer adalah mengacu pada seni saat ini atau pada zaman kita hidup. Namun, pada saat yang sama, definisi itu juga kerap dibingungkan dengan seni modern.

Meskipun begitu, ada beberapa definisi seni rupa kontemporer yang semuanya saling berhubungan. Seni adalah sesuatu yang sangat beragam, terutama saat ini. Lantaran ada begitu banyak media, teknik, dan gaya, serta tema artistik atau materi pelajaran, sulit untuk menentukan hanya satu definisi.
 

Definisi seni kontemporer

Untuk menjelaskannya dalam istilah yang paling sederhana, ada tiga poin yang dapat digunakan untuk mendefinisikan seni rupa kontemporer.
 
  1. Seni kontemporer merujuk secara khusus pada seni masa kini.

    Seni ini diproduksi oleh seniman yang hidup di zaman kita saat ini. Karya seni kontemporer ditentukan oleh periode waktu di mana mereka diciptakan. Kondisi ini terlepas dari gaya, media, atau gerakan artistik yang mereka miliki.
     

  2. Seni kontemporer memberikan kesempatan untuk merefleksikan masyarakat.

    Sering kali seni kontemporer mencerminkan isu-isu atau nilai-nilai yang penting atau dibicarakan di dunia saat ini.Seni ini adalah bagian dari percakapan berkelanjutan yang menyentuh topik-topik seperti identitas, komunitas, kebangsaan, spiritualitas, politik, dan banyak lagi.
     

  3. Seni kontemporer berkaitan dengan praktik dan desain estetika yang menyampaikan ide atau konsep.
     

    Kondisi ini melampaui batas antara seni dan apa yang secara tradisional tidak dianggap seni. Kemudian, juga melampaui batas seni seperti yang dipahami dalam periode seni modern dan klasik.


Sementara itu, ada banyak seniman kontemporer yang berkarya pada saat ini, dan cukup terkenal. Di antara mereka, seniman-seniman itu antara lain Jeff Koons, David Kracov, Banksy, Marina Abramovic, dan Yayoi Kusama.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ada Fitur Chat di Clubhouse, Begini Cara Kerjanya 

BERIKUTNYA

Buku Karya Norman Erikson Pasaribu Ini Masuk Dalam Daftar Panjang Internasional Booker Prize 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: