Jejaring sosial Clubhouse luncurkan fitur In-Room Chat (sumber gambar: Clubhouse)

Ada Fitur Chat di Clubhouse, Begini Cara Kerjanya 

14 March 2022   |   13:32 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jejaring sosial Clubhouse terus menghadirkan dan memperluas fitur anyar di dalam platformnya. Aplikasi yang awalnya populer karena basis audionya itu, kini mulai menghadirkan fitur non-audio seperti teks untuk komunikasi antar para penggunanya. 

Clubhouse belum lama ini meluncurkan fitur yang dinamai In-Room Chat kepada seluruh pengguna di dunia, termasuk mereka yang memakai perangkat iOS maupun Android. Fitur ini memungkinkan adanya komunikasi melalui teks selama ruangan atau room berlangsung. 

“Clubhouse memahami bahwa pengguna ingin merespons hal yang lucu di sebuah room, tapi tidak bisa melakukannya karena mereka buka pembicara. Dengan adanya fitur ini, kalian bisa berpartisipasi dalam sebuah obrolan,” tulis Clubhouse dalam pernyataan resminya. 

Untuk para pembuat konten, fitur ini memberikan cara komunikasi baru dengan audiens yang sedang berlangsung dalam ruangan mereka. Di saat yang sama, mereka juga bisa mendapatkan respons langsung dari para pendengarnya. Begini cara kerjanya : 

Kreator memegang kendali penuh. Pembuat ruangan akan selalu memiliki kontrol penuh terhadap fitur chatting, termasuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Mereka juga bisa menghapus pesan apa pun selama room berlangsung atau setelah berakhir. 

Teks bisa dihapus jika ada kesalahan. Jika pengguna mengirimkan sebuah pesan dan ingin menghapusnya karena ada kesalahan, mereka bisa menghapus pesan yang dibuat selama siaran berlangsung atau setelah ruangan berakhir. 

Moderator bisa mengubah pengaturan. Selain pembuat room, mereka juga bisa menunjuk moderator untuk membantu agar situasi siaran langsung tetap kondusif. Di sini para moderator juga bisa melakukan pengaturan fitur termasuk menghapus pesan tertentu. 

Melaporkan obrolan yang melanggar panduan. Jika seseorang melanggar panduan Clubhouse saat menggunakan fitur chat itu, pengguna tersebut bisa dilaporkan langsung dengan cara mengklik dan menahan nama mereka sampai muncul menu report atau laporkan. 

Sebagai catatan, jika fitur ini diaktifkan, semua orang akan melihat ikon fitur di kiri bawah layar sebelah ikon Share dan Clips. Setelah itu, pengguna bisa memulai obrolan dan mengomentari topik yang dibicarakan. Selain itu, fitur ini juga akan muncul ketika seseorang mendengarkan Replays dari room tersebut. 


Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

8 Solusi Mengatasi Rasa Grogi

BERIKUTNYA

Apa itu Seni Kontemporer? Berikut Definisinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: