Yura Yunita (Dok. Yura Yunita Official)

Video Musik Tutur Batin Milik Yura Yunita Tembus 1 Juta Views dalam 2 Hari

13 March 2022   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Video musik dari single Tutur Batin milik Yura Yunita telah ditonton lebih dari 1 juta kali hanya dalam waktu dua hari sejak dirilis di YouTube. Video musik yang diluncurkan pada 8 Maret 2022 itu merupakan persembahan Yura bagi seluruh perempuan untuk saling merangkul, menerima ketidaksempurnaan yang dimiliki dan merayakan diri bersama-sama.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, pelantun Cinta dan Rahasia itu mengaku merasa terharu dengan respon besar warganet terhadap video musik Tutur Batin. Meski bukan angka yang besar, kata Yura, dia berharap bahwa pesan yang disampaikan dalam video itu bisa mewakili banyak orang.

“Terenyuh hati saat melihat respon teman-teman bahwa Tutur Batin bukan lagi hanya isi hatiku, tapi bisa mewakili banyak jiwa di luar sana,” tulisnya dikutip dari akun @yurayunita.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yura Yunita (@yurayunita)


Gambaran dan kisah yang ada dalam video musik Tutur Batin mencoba menampilkan sederet pergumulan batin yang dialami perempuan karena berbagai persoalan mulai dari ketidaksetaraan, standar kecantikan hingga mengalami kekerasan.

Tutur Batin sendiri merupakan lagu yang terdapat dalam album ketiga Yura Yunita dengan judul yang sama. Album tersebut telah rilis pada Bulan Oktober 2021 lalu dan berisikan 11 lagu.

Video musik Tutur Batin pun dibanjiri dengan respon dan komentar warganet di Twitter yang mengaku bisa merasakan pesan yang disampaikan dalam lagu dan video tersebut. Tak sedikit dari mereka yang merasa relate dengan kisah yang ada di dalam video tersebut.

“Barusan liat mv tutur batin nya teh yura dan aku nangis bangett. Sebagai salah satu orang yang sering insecure, lagu ini tuh relate bangettt. Terimakasih sudah menciptakan lagu seindah ini teh @yurayunita,” tulis akun @AngelineJulia6.

“Tiap kali aku merasa sedih karena insecure, lagu teh yura adalah temannya. Semalem aku nonton video YouTube, tiba-tiba berkaca-kaca. Makasih teh yura,” tulis akun @nurlia001. 

“Makasih banget @yurayunita. MV tutur batin bikin aku jadi sendu dan janji makin sayang sama diri. #Butterflyhug,” tulis akun @aiiss_tyn.

(Baca juga: Kado untuk Perempuan, Yura Yunita Rilis Video Musik Tutur Batin)

Video musik Tutur Batin menampilkan tiga cerita yang dialami oleh tiga karakter utama. Tokoh pertama adalah Riana, seorang perempuan yang kerap kali dibanding-bandingkan oleh saudara kandungnya hingga sempat membuat dia tidak percaya diri.

Kemudian ada Tata, seorang perempuan yang memiliki permasalahan dengan bentuk tubuhnya dan merasa tidak diterima secara tulus oleh lingkungan pertemanannya. Tokoh ketiga adalah Muti, sosok perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga yang mencoba bersuara untuk menjadi tangguh demi putrinya. 

Tutur Batin menjadi karya yang spesial bagi Yura karena ketika menggarapnya, dirinya pun tengah berada dalam perjalanan untuk menerima & memaafkan trauma yang dialaminya di masa lalu. Pada akhirnya, keputusannya untuk membuka diri secara jujur dalam karya menjadi jalan baginya dalam melakukan penyembuhan batin. 

Bila diibaratkan dengan lima tahapan dalam memproses kesedihan yang terdiri dari penolakan (denial), kemarahan (anger), tawar-menawar (bargaining), depresi (depression), dan penerimaan (acceptance), Tutur Batin adalah karya yang lahir ketika Yura ingin mencapai pada tahap penerimaan diri. 

“Ternyata proses menerima diri sendiri itu lebih ringan saat aku merayakan ketidaksempurnaanku. Dari situ aku  belajar, sejauh mana kau mencari, sampai ke ujung dunia pun, kalau hatimu masih tetap kosong, artinya yang kau cari adalah dirimu. Karena Jiwa yang terbaik ternyata sudah ada di dalam dirimu sendiri,” kata Yura. 

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Komunitas Siap Darling Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Web Series Jumpa

BERIKUTNYA

3 Alasan Kenapa Warna Cerah Penting pada Tampilan Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: