Maizura sebagai Adin dalam series Jumpa (Dok. Siap Darling)

Komunitas Siap Darling Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Web Series Jumpa

13 March 2022   |   13:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan Siap Sadar Lingkungan atau #SiapDarling, meluncurkan web series bertajuk Jumpa. Dibintangi oleh Maizura dan Omara Esteghlal, web series ini bertujuan untuk menguatkan pesan tentang cinta lingkungan khususnya di situs-situs warisan sejarah.

Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara, menjelaskan bahwa gerakan #SiapDarling meluncurkan program Candi Darling, yaitu gerakan menanam pohon di situs-situs warisan sejarah Indonesia dan ditargetkan akan selesai di 2025.

Komunikasi kreatif untuk mendorong program tersebut telah dimulai dengan peluncuran web series Prince Darling sebanyak tiga episode, dan saat ini Jumpa dalam empat episode. 

“Langkah-langkah strategi komunikasi dalam platform digital ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif generasi muda untuk lingkungan,” katanya dalam acara peluncuran web series Jumpa, baru-baru ini.

 

Web series Jumpa akan berfokus pada cerita tokoh Adin (Maizura) yang tengah melakukan penelitian di Candi Arjuna untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Dalam perjalanannya, Adin justru bertemu dengan Arjuna (Omara Esteghlal) yang akhirnya bersedia untuk membantu penelitiannya.

Melalui pertemuan itu, mereka justru terikat dengan sebuah janji. Web series ini akan menampilkan kisah perjalanan mereka dalam menepati janji tersebut. 

(Baca juga: Cerita dan Proses Yura Yunita Buat Video Musik Tutur Batin)

Sutradara Andrew Kose menjelaskan bahwa ide cerita series Jumpa terinspirasi dari salah satu rekannya yang juga memiliki visi dalam gerakan peduli lingkungan. Akhirnya, dia mulai melakukan beberapa pendekatan bagaimana caranya mengemas ide tersebut secara menyenangkan dan bisa relatable dengan para penonton khususnya anak-anak muda.

“Jadi mulai inget-inget rasanya gimana sih kalau misalkan dulu kita kuliah. Rasanya penuh dengan idealisme dan ingin membuat perubahan. Jadi mengingat masa-masa itu termasuk ketika sudah lulus kuliah. Semua itu tercermin dalam karakter Adin dan Arjuna,” katanya.

Melalui series ini, Andrew berharap bahwa generasi muda bisa lebih sadar lagi mengenai isu-isu lingkungan. Selain itu, dia juga ingin menyampaikan arti dari sebuah proses melalui karakter Adin yang sering mengalami penolakan dan kekecewaan dalam mewujudkan suatu perubahan.

“Karena membuat perubahan tidak seinstan itu. Jadi, ingin teman-teman yang menonton lebih percaya pada prosesnya dan berani membuat perubahan,” ucap Andrew.

Adapun, web series Jumpa akan tayang perdana di kanal YouTube Siapdarling pada hari ini, 13 Maret 2022, pukul 11.00 WIB. Serial pendek sejumlah empat episode ini akan tayang setiap hari Minggu di jam yang sama hingga 3 April 2022.
 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Melihat Catatan Band Perunggu lewat Album Perdana "Memorandum"

BERIKUTNYA

Video Musik Tutur Batin Milik Yura Yunita Tembus 1 Juta Views dalam 2 Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: