dok. unsplash

Kasus Covid Terus Menurun, Indonesia Bersiap Menuju Status Endemi?

10 March 2022   |   20:02 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Laju penularan virus Covid-19 saat ini terus melambat dan mengalami tren penurunan secara nasional. Berdasarkan data dari Kemenkes, sebanyak 25 provinsi menunjukkan tren penurunan kasus konfirmasi harian pada Rabu (9/3/2022).

Kondisi ini diikuti pula dengan menurunnya kasus konfirmasi nasional dari 30.148 pada Selasa (8/3), menjadi 26.336 kasus di Rabu (9/3), dan hari ini Kamis berada di angka 21.311 kasus harian.

Di sisi lain, jumlah pasien yang sembuh akibat terpapar virus meningkat dari yang sebelumnya 30.148 orang pada Rabu (9/3) per hari ini pasien yang sembuh mencapai 38.399 pasien sehingga jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia perlahan mulai menurun menjadi 399.853 kasus.

Meski terus mengalami tren penurunan, Juru Bicara Vaksinasai Covid-19 Kemenkes Siti Nadia tarmizi mengimbau agar masyarakat tidak lengah dan terus menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Salah satu hal yang perlu dikejar saat ini adalah percepatan dan perluasan cakupan vaksinasai lengkap dua dosis dan booster. Ini bukan sekadar aturan pemerintah yang patut diikuti, namun juga mempertahankan kita dari risiko berat terinfeksi COVID-19,'' ujar dr. Nadia.
 

Ilustrasi virus corona/freepik

Ilustrasi virus corona/freepik


Menuju Endemi
Dengan terus menurunnya kasus aktif dan bertambahnya pasien yang sembuh, tentu saja menjadi kabar gembira dan pemerintah pun secara perlahan mulai melonggarkan berbagai aturan dan mobilitas masyarakat, bahkan Indonesia saat ini pun bersiap menuju ke masa transisi endemi Covid-19.

Beberapa pelonggaran seperti boleh berpergian tanpa perlu tes PCR atau swab antigen dengan syarat sudah divaksinasi lengkap dua dosis ataupun booster, berlaku bagi semua moda transportasi baik darat, laut maupun udara.

“'Hal ini akan ditetapkan dalam surat edaran yang akan diterbitkan oleh Kementerian dan Lembaga terkait yang akan terbit dalam waktu dekat ini,” ujar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Dengan relaksasi aktivitas masyarakat di masa pandemi, masyarakat diharapkan antusias mengikuti program vaksinasi demi mempertahankan diri dari virus COVID-19.

Akses vaksinasi, baik primer maupun booster juga sudah dipermudah oleh pemerintah. Begitu juga dengan jarak waktu pemberian vaksin booster yang kini diperpendek menjadi tiga bulan setelah vaksinasi primer selesai dilakukan.

Masih dalam upaya menuju transisi endemi, seluruh kompetisi olahraga juga telah diizinkan untuk dihadiri penonton dengan syarat sudah vaksinasi booster dan wajib menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk check in.

Kapasitas penonton disesuaikan dengan level PPKM di daerah terkait. Untuk level 4 sebanyak 25%, level 3 dengan 50%, level 2 sebanyak 75?n level 1 dengan jumlah penonton 100%. Event internasional yang dilakukan di Bali menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan standar G20.

''Perlu kami tegaskan bahwa semua kebijakan dalam proses transisi yang akan kita lalui bersama bukan karena terburu-buru, kita harus sudah siap untuk menuju satu proses transisi secara bertahap dengan menerapkan kebijakan berdasarkan data yang ada, semua upaya yang ada hari ini perlu dukungan dari masyarakat dan edukasi mumpuni dari pemerintah agar pendampingan dengan COVID-19 nantinya bukan hanya slogan saja,'' jelasnya..

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini 5 Film Bencana Terlaris Sepanjang Masa

BERIKUTNYA

Stategi Pengembang Tawarkan Hunian Minimalis Bagi Keluarga Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: